Breaking News

6/recent/ticker-posts

KAPOLRES BATU BARA MELAKSANAKAN SOSIALISASI SAPU BERSIH PUNGLI

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Batu Bara - Kapolres Batu Bara melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar atau yang biasa dikenal dengan Saber Pungli, bertempat di aula dinas Bupati Batu Bara, Rabu (30/03/2022).

Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Baber Pungli) ini dihadiri oleh seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Batu Bara serta merupakan Ketua Satuan Tugas dalam Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Batu Bara diantaraanya yaitu selaku Kasatgas Pengawasan.

Kasat Binmas selaku Kasatgas Pencegahan serta Kasat Reskrim selaku Kasatgas Penindakan. Merekalah yang lebih mengetahui dan lebih memahami dalam bidangnya sehingga diharapkan mampu memberikan penjelasan kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Batu Bara serta mampu menjawab pertanyaan yang diberikan nantinya.

Ada beberapa pelayanan masyarakat yang ada di tingkat desa, contohnya pelayanan pembuatan permohonan nikah, permohonan pembuatan Kartu Keluarga (KK), pembuatan Akte Lahir dan lain sebagainya, Tentu dalam pelayanan masyarakat tersebut berpotensi menimbulkan aksi pungutan liar. 

Kebanyakan masyarakat yang mampu dalam bidang vinansial lebih tidak sabaran dan ingin mendapatkan pelayanan dengan cepat sehingga mereka melakukan beberapa cara supaya keinginanya tersebut dapat dibuat dengan cepat, salah satunya dengan memberikan uang kepada petugas. Hal ini justru akan membahayakan petugas itu sendiri. Disitu tugas Kepala Desa untuk memberikan petunjuk dan pemberitahuan kepada petugas pelayan masyarakat tersebut.

Dengan adanya sosialisasi Saber Pungli yang diadakan oleh Polres Batu Bara yang dipimpin Oleh Wakapolres Batu Bara Kompol Rudy Candra, SH., MM., ini diharapkan para Kepala Desa di Kabupaten Batu Bara lebih mengerti dan memahami apa itu pungutan liar, dan bagaimana ancaman hukuman apabila seseorang telah tetangkap tangan melakukan pungutan liar, Kata Kasat Reskrim Polres Batu Bara Akp Ferry Kusnadi, SH, MH., dalam Hal ini diwakili Oleh Kanit Tipikor lpda Kriswanto selaku Ketua satgas Penindakan Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Baru Bara. 

Sosialisasi ini diharapakan mampu mengantisipasi bahkan menyapu bersih aksi Pungutan Liar yang ada dalam pelayanan publik di Kabupaten Batu Bara Polres Batu Bara tidak akan berhenti sampai disini dan akan selalu memberikan sosialisasi-sosialisasi terkait Saber Pungli kepada instansi-instansiterutama yang bertugas memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. (HP)

Posting Komentar

0 Komentar