Breaking News

6/recent/ticker-posts

Kapal Angkatan Laut/ KAL Wayabula III-14-12 Temukan Dua Nelayan Morotai Yang Hilang di Laut

TARUNAGLOBALNEWS.COM

MOROTAI MALUKU UTARA -Pangkalan TNI Angkatan Laut Morotai dibawah jajaran Koarmada III bersama Basarnas Kab. Pulau Morotai, berhasil menemukan 2 (dua) orang nelayan yang sempat dinyatakan hilang sejak hari minggu tanggal 13 Februari 2022 lalu. Kedua nelayan tersebut hilang saat mencari ikan di Perairan Laut Pulau Morotai. Selasa (15/02/22) 

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Morotai Letkol Laut (P) Amin Wibowo, S.T, menyampaikan kronologis awal kejadian berdasarkan laporan dari Sekretaris Desa Mandiri An Supardi kepada Pos SAR Morotai, bahwa adanya dua orang nelayan yang hilang di laut saat mencari ikan, selain itu menurut keterangan Keluarga Korban, diketahui kedua nelayan tersebut pada tanggal 13 Februari 2022 sekitar Pukul 03.00 WIT berangkat dari rumah di Desa. Mandiri Morotai untuk mencari ikan di Perairan Pulau Morotai (sekitar 18 NM/Nautical Miles dari daratan) dengan menggunakan 1 (satu) Kapal tradisional berjenis Ketinting.

Selanjutnya hingga tanggal 14 Februari 2022, kedua korban belum juga kembali, dan menurut informasi terakhir pada sekitar Pukul 20.00 WIT korban sempat memberitahukan kepada nelayan lain bahwa korban sedang kehabisan bahan bakar dan mengalami kehilangan arah di sekitar Perairan Desa Sopi Kec. Morotai Jaya.

Berdasarkan laporan yang diterima,selanjutnya Ka Pos SAR Pulau Morotai An Marjum Doa, berkoordinasi dengan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Morotai, dan selanjutnya Kapal Angkatan Laut/KAL Wayabula III-14-12 pada pukul 22.00 Wit atas perintah Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Morotai melaksanakan operasi SAR untuk mencari nelayan yang hilang bersama Tim Basarnas Kab Pulau Morotai dan Anggota Pos Pol Airud Pulau Morotai, dalam pelaksanaanya dimulai dengan penyisiran menuju titik duga sekitar 18 NM dari daratan Perairan Desa Mandiri namun sampai dititik tersebut korban belum ditemukan.

Pada tanggal 15 Februari 2022 sekitar pukul 01.00 WIT Dini Hari, Kapal Angkatan Laut/KAL Wayabula III-14-12 beserta Tim SAR gabungan belum juga menemukan tanda tanda korban dan tetap melanjutkan kegiatan SAR, dan sekitar pukul 04.00 WIT Dini Hari, Korban akhirnya dapat ditemukan dengan selamat pada titik Koordinat 02°39"55°U, 128°29"25°T atau 4.2 NM dari Desa Sopi Perairan Morotai Utara, selanjutnya Tim SAR gabungan segera menaikkan kedua korban selamat ke Kapal Angkatan Laut/KAL Wayabula III-14-12 dan langsung dibawa menuju Pelabuhan HMS Lastory Daruba untuk dilakukan pertolongan pertama.

Adapun data cuaca pada saat itu adalah, Kecepatan Angin : 3 - 5 Knot ke arah Barat Daya, Arus : 0,5 - 1 Knots ke arah Barat dan ketinggian ombak : 1 - 1.5 Meter.


(Dispen Koarmada III)

Posting Komentar

0 Komentar