Breaking News

6/recent/ticker-posts

KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH RAWAN BANJIR, BPBD ASAH KETERAMPILAN SUSURI SUNGAI

TARUNAGLOBALNEWS.COM

PURWOREJO — Guna mengasah keterampilan dalam penanggulangan bencana banjir, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo menggelar latihan rutin susur sungai, Sabtu (5/2/2022).

Sungai Sengoro Kecamatan Grabag menjadi pilihan latihan dikarenakan medan yang sering dihadapi oleh BPBD Kabupaten Purworejo mirip dengan kondisi sungai tersebut. 

Kepala BPBD Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo, menyampaikan bahwa, latihan susur sungai tersebut menjadi upaya mengasah ketrampilan dan siap kesiagaan anggota menghadapi bencana alam yang datang sewaktu-waktu.

Selain mempersiapkan fisik dan keterampilan anggota, latihan tersebut sebagai kesempatan mengecek kondisi peralatan. Peralatan menjadi media sangat penting dalam BPBD. Tiga kilometer panjang sungai mampu ditaklukkan 15 anggota dengan keterampilan mengoperasikan prau mesin maupun prau dayung.

Dari hasil latihan, kesiapan anggota dan peralatan semua sudah siap,” ungkapnya.

Pada bulan Februari dari perkiraan cuaca BPBD Purworejo, curah hujan disertai angin akan meningkatkan pertengahan hingga akhir bulan Februari, hal tersebut dapat berpotensi banjir. 

Dari data yang di miliki BPBD daerah yang berpotensi bencana banjir yaitu Kecamatan Butuh, Grabag, Purwodadi dan Ngombol, jelasnya. 

#Hadiman Pangestu

Posting Komentar

0 Komentar