Breaking News

6/recent/ticker-posts

RUMBIA DI ACEH BARAT TIDAK LAGI BERBUAH

Gambar Pohon Rumbia.

TARUNAGLOBALNEWS.COM

ACEH BARAT — Dulunya di Kabupaten Aceh Barat dikenal dengan penghasilan Buah Rumbia dalam jumlah besar, hingga bisa dijual keluar dari Daerah sampai ke Kota Provinsi Banda Aceh, Bahkan sampai ke Medan, yang bawa oleh para pedagang.

Namun kini Buah Rumbia di Aceh Barat hanya tinggal nama, tak pernah kelihatan di semua kebun Rumbia, seperti di Kecamatan Sama Tiga.

Dikatakan beberapa orang tertua yang diwawancarai awak media ini pada Jum'at (10/12/2021) di Gampong Ladang, seusai Shalat Jum'at, seperti pengakuan Yusuf mengatakan, sesudah Tsunami kebun Rumbia tak lagi menghasilkan buah.

Dan menerut pengakuan Gadeng di Gampong cot pluh, "Selama 10 Tahun Buah Rumbia memang tak ada lagi. Demi memenuhi ekonomi keluarga terpaksa Kami mencari udang dalam sungai, dengan cara menahan bubu saat malam dan pagi hari diangkat, masuk udang itu tergantung banyaknya bubu, tiap pagi bisa peroleh udang 8 sampai 12 Kg, dengan harga jual Rp 10.000 per kg."ucap Gadeng .

Sementara Adi Kasman Penduduk dusun monkulu Gampong Ladang juga mengukapkan, "Batang Rumbia yang sudah tinggi disebut batang sagu, kami membeli Rp 60.000 per batang, dan kami jual dengan harga Rp 25000 per potong ukuran satu meter kepada peternak Ayam dan Itik."pungkasnya. (Muhibbul).

Posting Komentar

0 Komentar