Breaking News

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa KKN 022 Unimal Membantu pelaksanaan sosialisasi Teknologi Kompor Roket Biomasa oleh tim Program studi Magister Teknik Energi Terbarukan unimal

TARUNAGLOBALNEWS.COM

BATU BARA — Mahasiswa yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)kelompok 022 Universitas Malikussaleh melakukan kerjasama untuk membantu sosialisasi teknologi kompor roket biomasa oleh tim prodi magister Teknik energi terbarukan universitas Malikussalleh. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di Meunasah gampong keude krueng, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Minggu (7/11/2021).

Kelompok KKN 022 ini terdiri dari 10 orang anggota yang saling bekerjasama dan dari jurusan yang berbeda-beda, yaitu Imam Mawardi, Munisa Hanum, Intan maghfirah, Rizky Amanda Yusnuri, dari Prodi Ekonomi Pembangunan, Afisha tirta surya lestari (Akuntansi), Mutia Sari , Putri Ulfa (Ilmu Politik), Yudhi Franata , Arif budi Prayoga (Teknik Informatika), dan Dilla Hartanti (Psikologi). Mereka dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dedy Syahputra MH.

Sosialisasi ini merupakan pengenalan sekaligus demo (trial) dari kompor roket biomasa yang dibuat oleh program studi magister teknik energi terbarukan. Kompor roket biomasa ini memiliki banyak kelebihan karena hemat bahan bakar yang hanya menggunakan cacahan kayu-kayu kecil untuk menghidupkan kompor roket biomasa ini dan juga asap yang dihasilkan lebih sedikit daripada kompor minyak tanah.

Ketua KKN, Imam Mawardi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama antara kelompok KKN 022 dengan prodi magister teknik energi terbarukan. seperti membantu menyiapkan tempat, membersihkan tempat, dan juga membantu berjalannya acara sosialisasi ini. Karena ini merupakan inovasi baru dari kompor biomasa dalam bentuk roket yang tentunya hal ini sangat berguna untuk masyarakat karena dapat digunakan untuk pribadi (rumahan) dan juga untuk acara besar seperti Maulid, kenduri dll. 

“ Semoga dengan adanya sosialisasi ini tentunya masyarakat dapat menilai mana kompor yang lebih efisien,hemat dan juga lebih mudah untuk digunakan karena bahan bakarnya yang mudah untuk didapat sehingga tidak bergantung pada minyak tanah ataupun gas “ ungkap Dr. Adi Setiawan S.T.,M.T selaku pemateri sosialisasi Kompor Roket Biomasa dari Prodi Magister Teknik Energi Terbarukan Unimal. (MS)

Posting Komentar

0 Komentar