Breaking News

6/recent/ticker-posts

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR

TARUNAGLOBALNEWS.COM

ACEH — Matematika sekolah yaitu matematika yang diajarkan di tingkat Pendidikan Dasar (SD dan SMP) dan Pendidikan Menengah (SMA dan SMK). Matematika sekolah terdiri atas bagian-bagian matematika yang dipilih guna menumbuhkembangkan kemampuan-kemampuan dan membentuk pribadi serta berpandu pada perkembangan IPTEK.

Fungsi mata Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal program linear adalah tidak adanya kesiapan dalam pembelajaran, pelajaran matematika adalah sebagai berikut: 

1. Matematika sebagai alat Melalui matematika siswa dapat memahami dan menyampaikan suatu informasi misalnya melalui persamaan, atau tabel-tabel dalam model matematika. 

2. Matematika sebagai pola pikir Belajar matematika merupakan pembentukan pola pikir dalam pemahaman suatu pengertian. Pola pikir yang dikembangkan adalah pola pikir deduktif dan induktif. 

3. Matematika sebagai ilmu Matematika selalu mencari kebenaran dan bersedia meralat kebenaran yang sementara diterima, bila ditemukan penemuan baru sepanjang mengikuti pola pikir yang sah.

Dengan mempelajari matematika, khususnya yang berbentuk soal program linear dalam bentuk cerita diharapkan terbentuknya manusia-manusia seperti yang tercantum dalam tujuan pendidikan nasional. Tujuan mempelajari matematika adalah untuk menata nalar anak, membentuk sikap anak, dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasar pada hal tersebut, dapat dikemukakan manfaat secara khusus mempelajari soal program linear dalam bentuk cerita sebagai berikut: sering Membantu siswa dalam mempelajari fakta, skill, konsep dan prinsip, Meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam menganalisis suatu informasi untuk mengambil kesimpulan atau keputusan yang tepat., 

Membantu siswa mengembangkan kemampuan analisisnya dan membantu mengaplikasikan kemampuan tersebut pada situasi yang berbeda, Membangkitkan motivasi siswa sehingga senang belajar matematika. Namun masih ada siswa yang mengalami kesulitan menyelesaiakan soal program linear. dalam terganggu kesehatan, serta pengajaran guru yang kurang maksimal. Cara mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran program linear adalah dengan guru menggunakan metode yang lebih bervariasi, guru tidak hanya terfokus terhadap media, serta peran orang tua yang harus turut andil dalam membibing dan mendidik anak dirumah. 

Penulis: Aida Hafni Rambe,  Irind Dara Octavianita, Wafiq Azizah Br. Sinaga

Posting Komentar

0 Komentar