Breaking News

6/recent/ticker-posts

SMA Negeri 1 Lima Puluh Mengadakan Sosialisasi Pelatihan Jurnalistik Bagi Peserta Didik

Tarunaglobalnews.com

Penulis : Melisa Anggriani

Batu Bara -- SMA Negeri 1 Lima Puluh yang dipimpin Ibu Suaibatul Aslamiah, M.Si., memiliki begitu banyak program dalam memajukan mutu pendidikan.

Salah satunya mengadakan Sosialisasi Pelatihan Jurnalistik bagi peserta didiknya, yang digelar di Aula Sekolah tersebut. Senin (11/10/2021) sekira pukul 08:30 WIB sampai dengan selesai.

Pada acara Sosialisasi Pelatihan Jurnalistik, pihak sekolah mengundang tiga orang narasumber yang berlatar belakang wartawan atau jurnalis, diantaranya, Nasrin merupakan Pimpinan Perusahaan Media Online Tarunaglobalnews.com, Pranoto.S.Pdi., selaku Redaktur Media Online Tarunaglobalnews.com, dan Suherman selaku jurnalistik Media Group 24 Jam.

Dalam sambutannya, Nasrin yang dampingi Suherman dan Pranoto, menjelaskan sebagai seorang jurnalis jangan pernah menyebarkan berita bohong atau hoax tetapi harus dengan fakta yang terjadi.

"Yang wajib dimiliki wartawan adalah keahlian meliput peristiwa, menulis beritanya, melakukan wawancara, dan menaati kode etik."jelas Nasrin kepada para peserta didik.

Suherman juga menjelaskan, Setiap berita harus memberikan informasi selengkap-lengkapnya kepada para pembaca. Salah satu caranya dengan memenuhi unsur 5W 1H.

Hal senada juga dijelaskan Pranoto, 5W 1H adalah sebuah metode yang dilakukan guna mendapatkan informasi secara lebih kaya dan mendalam. Caranya dengan memenuhi atau menanyakan setiap unsur dari 5W 1H tersebut kepada narasumber.

Melisa Anggriani Salah satu peserta didik yang ikut di Pelatihan Jurnalis tersebut didampingi peserta didik lainnya mengungkapkan, "Pelatihan ini harus dijadikan kurikulum karena kami sangat ingin mengetahui atau menguasai ilmu pengetahuan tentang jurnalis."ungkapnya.

Dari pantauan awak media ini, hadir dalam Pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lima Puluh tersebut Sekretaris Media Independen Online (MIO) Kabupaten Batu Bara Bapak Suherman dan Muhammad Yusri. (MA)

















Posting Komentar

0 Komentar