Breaking News

6/recent/ticker-posts

Lewat "Solusi" PLN Aek Kota Batu Sampaikan Keunggulan Listrik Prabayar

Tarunaglobalnews.com

LABURA - Dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya listrik bagi kehidupan dan memperkenalkan penggunaan listrik Prabayar sebagai solusi pintar pengguna listrik yang nyaman, serta demi meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan untuk menjaga serta memperkecil tingkat kecelakaan umum akibat bahaya energi listrik yang tidak dipergunakan dengan semestinya, jajaran PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Rantauprapat aktif melakukan kegiatan "SOLUSI" Sosialisasi, Edukasi, dan Promosi Listrik kepada masyarakat, baik di tengah pandemi yang melanda dunia. 

Seperti halnya yang dilaksanakan PLN UP3 Rantauprapat melalui Unit Layananan Pelanggan (ULP) Aek Kota Batu di Aula Kantor Kepala Desa, Desa Ujung Padang, Kec Aek Natas, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kamis 05 Agustus 2021.

Kegiatan Sosialisasi ini turut dihadiri oleh kepala desa yang diwakili oleh Sekertaris desa, Para Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Desa Ujung Padang, membuat kegiatan sosialisasi tampak mendapat apresiasi dan sambutan luar biasa. Apalagi saat sesi tanya jawab. Para peserta kegiatan tampak antusias bertanya berbagai hal terkait masalah ketenagalistrikan dan keinginan mengenal keunggulan penggunaan Listrik Prabayar. 

Dalam sambutan pembuka Manager PLN ULP Aek Kota Batu, Maulana BilQisthi Harahap, menyampaikan maksud tujuan PLN Aek Kota Batu mengumpulkan masyarakat untuk dapat saling bekerjasama untuk membantu PLN dalam meningkatkan pelayanan dan kehandalan energi listrik, terlebih perihal bahaya listrik yang dapat menyebabkan kecelakaan pada masyarakat. 

"Kami mengucapkan Terima kasih kepada seluruh pelanggan setia PLN yang mau berperan aktif dan mempunyai rasa ingin tau yang tinggi terhadap ketenagalistrikan, agar kedepan kami PLN selalu bisa meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan mulai dari segi kehandalan hingga keselamatan terhadap bahaya listrik, " Pungkas Maulana. 

Dalam acara tersebut, Pejabat Pelaksana Keselamatan dan Kesehatan Kerja & Lingkungan (K3L) PLN ULP Aek Kota Batu, Yohana Amalia selaku pemateri menjelaskan bahwa, dalam beberapa kasus kebakaran disebabkan korsleting listrik (arus pendek), itu terjadi karena adanya beban berlebihan sehingga kabel pada instalasi listrik menjadi panas dan menyebabkan isolasi kabel meleleh. Alhasil, kabel positif dan negatif pun beradu sehingga menyebabkan percikan api yang lambat laun membesar, hingga akhirnya memicu kebakaran.

“ada pula beberapa hal yang perlu diperhatikan yang dapat menyebabkan terganggunya aliran listrik dan berpotensi dapat menyebabkan kecelekaan umum diantaranya menanam pohon di bawah jaringan listrik, bermain layang-layang dekat dengan jaringan listrik, membangun rumah/memperbaiki rumah dekat jaringan listrik, membakar sampah dibawah jaringan listrik dan memasang papan reklame, antena atau parabola dekat dengan jaringan listrik,” jelas Yohana

Dalam kesempatan yang sama pula, Nicky Yanniko selaku Supervisor Pelayanan Pelanggan & Administrasi menyampaikan dalam rangka mendukung program pemerintah terkait penanganan penyebaran virus Covid 19, secara bertahap PLN UP3 Rantauprapat akan melakukan migrasi dari meter lama (pascabayar) ke meter pintar generasi terbaru yaitu listrik Prabayar. 

Nicky juga menegaskan bahwa ini juga akan memudahkan konsumen dalam mengatur pemakaian energi listriknya karena dengan listrik Prabayar pelanggan mendapatkan banyak keuntungan sebagai berikut :

1. Bebas rekening minimum.

2. 2. Bebas menentukan kapan waktu pembelian energi listrik (token).

3. 3. Tidak ada biaya Keterlambatan.

4. 4. Jumlah kwh yang dibeli langsung tertera di meter.

5. 5. Meter lebih akurat dan mampu membaca kelainan pada instalasi pelanggan.

6. 6. Tidak terkena sanksi pemutusan

7. 7. Privasi pelanggan lebih terjaga karena tidak perlu ada pencatatan, 

8. Dan masih banyak lagi keunggulan listrik Prabayar sebagai meter pintar generasi terbaru ini.

"Selain itu petugas penagihan tidak akan pernah datang lagi ke pelanggan, sehingga menghindari interaksi langsung dengan pelanggan untuk mencegah penyebaran virus Covid - 19," Ungkap Nicky.

Tidak hanya itu, dengan program ini masyarakat turut berperan aktif dalam mendukung program pemerintah terkait percepatan penerimaan pajak daerah.

Pada kegiatan sosialisasi, edukasi dan promosi listrik juga di hadiri oleh Pariston M Simbolon Selalu Supervisor Teknik, Krisna Sadewa Selaku Supervisor Transaksi Energi dan Suyetno selaku Koordinator Pelayanan Teknik PLN Aek Kota Batu. 

Sementara, hingga kegiatan selesai, acara sosialisasi, edukasi dan promosi tentang bahaya listrik serta penggunaan listrik Prabayar yang dilaksanakan PLN ULP Aek Kota Batu tersebut berjalan baik dan lancar. (EWI)

Posting Komentar

0 Komentar