Breaking News

6/recent/ticker-posts

Peringati HARDIKNAS, Alumni LEMHANNAS Perkuat Sinergisitas Sesama

Tarunaglobalnews.com Jakarta — Pada momentum Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, Ikatan Keluarga Alumni Kebangsaan Lemhannas (IKABNAS) melangsungkan kegiatan Dialog Kebangsaan #Seri 001 bertajuk ”Hari Pendidikan Nasional Momentum Memperkuat Sinergi Anggota IKABNAS Profesi Pendidik”. Kegiatan tersebut Menghadirkan Ketua Ikabnas Dr. Faizal Hafied, dan narasumber Prof. Dr. M. N. Rianto Al Arif Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai Pemantik Diskusi yang juga anggota Ikabnas dan sdr. Sapari, SE, M.Si sebagai Moderator. Senin (06/5/2024) 

Pada kesempatan tersebut, Faizal Hafied mengingatkan pentingnya kegiatan para Alumni Lemhannas yang tergabung dalam IKABNAS untuk terus memberikan sumbangsih pemikiran dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara sebagai bentuk nyata implementasi dari ilmu, wawasan dan pengetahuan yang telah didapat selama mengikuti pemantapan nilai-nilai kebangsaan di Lemhannas RI (lembaga ketahanan nasional). Anggota IKABNAS saat ini lebih dari 20.000 orang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Peringatan Hardiknas yang diselenggarakan melalui dunia maya tepat pada tanggal 2 Mei 2024 diikuti oleh anggota IKABNAS berlatar belakang profesi Pendidik baik Guru, Dosen maupun Widyaiswara. 

Sementara, pemantik diskusi Prof. Dr. M. N. Rianto Al Arifmemaparkan sepuluh poin penting yang saat ini dihadapi dunia pendidikan di Indonesia. Kesepuluh poin tersebut yakni kesejahteraan pendidik, sasaran beasiswa terhadap pendidik, gap generasi pendidik dan siswa, penyederhanaan kurikulum, kesehatan di lingkungan pendidikan, keterjangkauan pendidikan, penguatan vokasi, target world class university bagi kampus, hilirisasi riset, serta budaya plagiasi yang memprihatinkan. Menurutnya, kesepuluh poin tersebut masing-masing memiliki problematika tersendiri yang harus dijawab oleh seluruh pemangku kepentingan untuk mencapai cita-cita Indonesia Emas tahun 2045.

Menjelang acara dimulai, Panitia penyelenggara Dialog Kebangsaan Dr (c). Ir. Imam Rozikin mengatakan kepada awak media bahwa alumni Lemhannas yang tergabung dalam wadah IKABNAS khususnya dari kalangan profesi Pendidik menjadi motor sekaligus katalisator dalam pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia baik yang diprogramkan oleh pemerintah pusat maupun di daerah.

“Saya mendorong dan berharap kepada seluruh stakeholders baik ditatanan pusat dan daerah dapat memanfaatkan dan berkolaborasi dengan para Alumni Lemhannas yang mana merupakan putra putri terbaik bangsa yang telah dibekali serta dimantapkan jiwa kepemimpinannya dengan empat konsensus kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Bagi alumni yang berprofesi sebagai Pendidik, dapat dijadikan partner diskusi, tukar pikiran serta menyusun rencana strategis dalam membuat berbagai program pendidikan baik membangun budi pekerti, nilai-nilai Pancasila, riset ilmu pengetahuan dan teknologi dan sebagainya” tutup Imam Rozikin yang juga Ketua bidang Kedeputian Organisasi, SDM dan Optimalisasi Anggota IKABNAS. (Sapari) 

Posting Komentar

0 Komentar