Breaking News

6/recent/ticker-posts

AGUS PURWANTO SOSOK MUDA RELIGIUS DAN SEGUDANG PENGALAMAN SIAP BERTARUNG DI PILKADA BINJAI 2024

Tarunaglobalnews.com Binjai — Anak petani dengan kehidupan sederhana, Agus Purwanto yang kini sedang menyelesaikan pendidikan S3 Doktor Ilmu Komunikasi FISIP di Universitas Sumatera Utara (USU) ini, yang sejak dibangku sekolah sudah memiliki cita-cita ingin mengabdikan dirinya untuk membangun kampung halamannya, kini di Pemilihan Kepala Daerah Kota Binjai Tahun 2024 ingin ikut bertarung menjadi Walikota Binjai 2024-2029. 

Sebagai seorang akademisi yang saat ini menjadi Dosen di Institute Agama Islam Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai Sumatera Utara, sosok yang terus berkiprah diwadah keorganisasian kepemudaan, sosial dan kemasyarakatan baik di Kota Binjai maupun tingkat Nasional merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk membuat dirinya membulatkan diri untuk maju ikut berkompetensi di Pilkada Kota Binjai.

“Tentunya niat tulus ikhlas untuk membangun Kota Binjai yang lebih baik lagi, saya berharap dukungan do’a dan restu dari masyarakat Kota Binjai. Pengalaman-pengalaman dari yang sudah dapat didukung dengan basic keilmuan selama ini, saya akan menjadikan sebuah konsep besar yang terintegrasi dengan keadaan Kota Binjai saat ini. Binjai yang lebih maju dan bermartabat adalah cita-cita dan konsep awal saya ingin maju di Pilkada Binjai 2024 ini,” kata Agus Purwanto.

Bekal pengalaman sebagai tokoh muda supel ini memiliki integritas keilmuan yang dapat menjadi landasan kemampuannya dalam memimpin Kota Binjai, pria yang di Binjai 4 Agustus 1986 memiliki riwayat pendidikannya S1 di STKIP Budidaya Binjai tahun 2010. Kemudian melanjutkan pendidikan Pascasarjana (S2) dengan meraih Magister Kesejahteraan Sosial (M.Kesos) dengan Peminatan Perencanaan dan Evaluasi Program Pembangunan di Universitas Indonesia (UI) Depok tahun 2014, sekarang melanjutkan pendidikan S3 Doktor Ilmu Komunikasi FISIP di Universitas Sumatera Utara (USU).

Agus dilahirkan dari kehidupan ekonomi keluarga yang sederhana, merupakan putra bungsu dari pasangan Bapak Alm. Radiman dan Ibu Sumirah yang sehari-hari bekerja sebagai petani di jalan Sawi Lingkungan 1 Kelurahan Payaroba Binjai Barat. Memiliki seorang istri Mudrik Fauziah, S.Pd.I, MM dengan dikarunia 2 orang anak Azqiya Khairunnisa Azzahra dan Abisatya Malik Gusfah. Agus sapaan akrabnya seorang pria yang santun dan energik ini mempunyai sikap tegas dan bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan membuat ia pernah dipercayakan memimpin beberapa Organisasi Kemahasiswaan & Kemasyarakatan sampai di tingkatan Nasional.

Kegiatan keseharian saat ini yang memberikan edukasi bagi mahasiswanya itu, sejak mengenyam pendidikan dasar sudah meraih berbagai prestasi, diantaranya sebagai lulusan SD Negeri 023908 Limau Sundai Binjai, ia pernah menjadi perwakilan sekolah lulus seleksi duduk di Kelas SD Unggulan Kecamatan Binjai Barat tahun 1997 di Suka Ramai. Saat sekolah di SMP Negeri 5 Binjai selalu meraih Juara 1 Umum dari kelas 1-3 yang kemudian ia meraih beberapa kali beasiswa. Masuk di SMA Negeri 1 Binjai memperoleh Beasiswa Unggulan dari Sempoerna Foundation. Dari SMA Agus aktif di berbagai organisasi Intra sekolah (OSIS) diantaranya Taekwondo dan Paskibra.

Selain itu juga, sosok pemuda yang religius, pembelajar dan memiliki semangat pantang menyerah ini terjun di dunia akademis dan organisasi dipengaruhi oleh pola pikir di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dijadikan landasan dalam berbuat untuk kepentingan masyarakat. Dikenal baik di lingkungan tempat tinggalnya sebagai Ketua Badan Kemakmuran masjid Al-Istiqomah, telah berhasil menggerakkan masyarakat merenovasi ulang dengan biaya swadaya atau partisipasi warga. 

Didalam rekam jejaknya perjalanan ketokohannya, Agus pernah diamanahkan pada organisasi eksternal kampus sebagai Ketua Umum HMI Komisariat PBS Budidaya Binjai 2008-2009, Sekretaris Umum HMI Cabang Binjai 2009-2010, Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PB HMI 2010-2012 di Jakarta. Organisasi Ethnis Ketua Umum Mahasiswa Pujakesuma Kota Binjai 2009-2011, Ketua Bidang GM Pujakesuma Binjai 2017-2021, Wakil Ketua HIPMI Kota Binjai. Saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bendahara Pujakesuma Binjai, Wakil Ketua Ika Smansa Binjai, Wakil Ketua ICMI Binjai, Ketua Pemuda Tani Binjai, Ketua HIPPI Binjai, Wakil ketua PD Alwashliyah Kota Binjai, dan Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia DPD KNPI Binjai Periode 2021-2024.

Sedangkan pengalamanya didalam keilmuannya yang berbasis kepemudaan, Agus Purwanto merupakan penerima piagam penghargaan dari Bapak Wali Kota Binjai atas ’’Dedikasi Sebagai Tokoh Pemuda Memajukan Pembangunan Kepemudaan di Kota Binjai ” pada peringatan sumpah pemuda ke 94 tahun 28 Oktober 2022, penerima piagam penghargaan dari Sanggar Seni Budaya WSP sebagai ” Tokoh Pemuda Jawa yang Aktif dalam Organisasi Kepemudaan dan Aktif melestarikan Kebudayaan” Tahun 2022, karya tulis pengarang buku yang berjudul ” Manajemen Organisasi Dalam Sumber Daya Manusia” Penerbit UNJ Press Tahun 2021, Juara 1 Harapan Lomba Karya Tulis Bidang Politik di KPU Kota Binjai Rangkaian Sosialisasi Pilkada Binjai Tahun 2020.

Terakhir, Agus Purwanto sebelumnya pernah bekerja sebagai Konsultan untuk projek di beberapa Kementerian. Dari Relawan BUMN yaitu Pendamping Masyarakat untuk Program PKBL/CSR Kementerian BUMN, Konsultan di Kemendikbud pada Direktorat Warisan Kebudayaan, Konsultan di PT. PCI Manajer projek di Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KemenristekDikti), Melaksanakan survey untuk melihat tipologi pemilih dan tingkat elektabilitas bakal calon Bupati di Kabupaten Panajem Pasir Utara (PPU) Kalimantan Timur, Pekerja Sosial Supervisor PKH Kota Binjai. 

“Saya ingin menjadi salah satu sosok pemuda yang patut dijadikan teladan untuk anak-anak muda saat ini. Diusia menuju 38 tahun ini saya memiliki pengalaman diberbagai organisasi, net-working yang baik, mampu menjadi sosok muda yang punya konsep program, dan tentunya seorang yang visioner, ingin berbuat lebuh banyak lagi untuk Kota Binjai, Kota kelahiran saya ini,” tandasnya. (**).



Posting Komentar

0 Komentar