Breaking News

6/recent/ticker-posts

KADIS KESEHATAN DELI SERDANG : SOSIALISASI MASIF LEWAT MEDIA MASSA SANGAT DIPERLUKAN

Tarunaglobalnews.com Deli Serdang —Abdul Muid (62) warga Dusun Mesjid, Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, terlihat terbaring lemas akibat penyakit yang dideritanya.

Abdul Muid selama ini dirawat pihak keluarga dengan keadaan terbaring di lantai yang dialas dengan sebuah kasur di ruang tamu rumah miliknya.

Namun kini beban keluarga sudah terbantu, setelah Abdul Muid di rujuk ke RSU Drs. Amri Tambunan guna mendapatkan perawatan yang lebih intensif lagi di Rumah Sakit milik Pemerintah Deli Serdang. Sabtu (30/3/2024).

Informasi dari salah seorang keluarga, Awaluddin (59) menjelaskan, sudah hampir 3 bulan lamanya menjalani hidup dengan kondisi tubuh dalam keadaan terbaring lemas akibat penyakit yang dideritanya.

“Sebelumnya, Abang saya sudah hampir 3 bulan jugalah, dirinya menjalani hidup dengan kondisi tubuh dalam keadaan terbaring lemas, dugaan kami seperti kena stroke,” ucap Awaluddin adik kandung dari Abdul Muid.

Menurutnya, sang Abang Abdul Muid sebelum terbaring seperti orang yang terkena sakit stroke ini pernah mengalami jatuh di rumahnya, namun selama sakit akibat jatuh itu tidak pernah dilakukan pemeriksaan secara medis kedokteran hanya dengan pengobatan seperti teraphy urut saja.

“Abang saya itu dulu pernah jatuh, tapi sama beliau tidak pernah dibawanya berobat ke rumah sakit, hanya diobati dengan dikusuk kusuk sendiri aja, mungkin karena infeksi makanya seperti ini, selama ini beliau gak bisa apa apa cuma terbaring saja merasakan sakitnya itu,” ucap adik Abdul Muid ini lagi.

Awaluddin mengucapkan terimakasihnya terhadap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang yang sudah merespon dengan cepat atas keluhan yang dialami keluarganya dan juga telah memberikan bantuan berupa kursi roda agar bisa digunakan abangnya usai pulang dari perawatan di rumah sakit.

“Saya sangat berterimakasih sekali kepada Pak Kadis Kesehatan Deli Serdang, karena sudah turun langsung merespon atas masalah keluhan sakit Abang saya itu hingga mendapatkan perawatan yang lebih baik setelah di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik lagi, selain itu juga saya ucapkan terimakasih kepada Pak Kadis Kesehatan karena telah memberi bantuan kursi roda yang nantinya bisa digunakan sepulang dari rumah sakit,” sebut Awaluddin.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Deli Serdang, dr Asri Luddin Tambunan ketika dikonfirmasi awak media, Sabtu (30/3/2024) menerangkan, terkait hal diatas adalah benar dan pasien sudah dirawat di rumah sakit Drs Amri Tambunan dan selanjutnya akan dilakukan tindakan operasi hari ini.

“Sebetulnya pak Abdul Muid itu bukan stroke, memang informasi dari laporan warga si pasien itu disebut sebut sakit kena strok, tapi setelah kita bawa ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan hasilnya pak Abdul Muid bukan sakit kena stroke tapi patah kaki, saya tanya kekeluarga pasien pernah jatuh di rumah saat mengepel rumah, karena yang dilakukan keluarga pengobatan dengan hanya dikusuk kusuk saja namun tidak sembuh juga, kalau tidak salah informasi dari keluarganya sudah ada 2.5 bulan pasien tidak bisa berjalan,” sebut dr Asri Luddin Tambunan.

Ketika dirinya dan tim medis dari Dinas Kesehatan Deli Serdang menyambangi kediaman Abdul Muid yang beralamat di Dusun Mesjid Desa Beringin Kecamatan Beringin Deli Serdang itu dilakukan pada Jumat, (29/3/2024) kemarin, pasien dalam keadaan terbaring lemas dan terlihat tidak bisa berjalan dan pihak keluarga hanya melakukan pengobatan dengan sekedar di kusuk kusuk saja, padahal pasien terdata sebagai peserta KIS tanggungan APBD.

“Setelah kita lakukan observasi ke rumah pasien dan melihat kondisinya sungguh sangat memprihatinkan, kemudian kita lakukan pemeriksaan baik terhadap pada pasien langsung juga data data pasien, dan ternyata pak Abdul Muid mempunyai KIS namun tidak mengetahui kegunaannya, dari sini kita menerangkan fungsi dari peserta pengguna KIS, dan kita info kan bahwa KIS nya bisa dipakai untuk berobat,” tuturnya.

Sehingga setelah ditanyakan kata Asri Luddin Tambunan, apakah mau diobati dan pasien serta pihak keluarga sepakat supaya pak Abdul Muid untuk dirawat ke rumah sakit, dan setelah setelah sepakat dengan pihak keluarga, langsung dijemput dengan menggunakan ambulan RSUD Amri Tambunan dan pada hari ini direncanakan akan langsung dilakukan tindakan operasi.

“Kemarin juga kita serahkan sebuah kursi roda sebagai tali asih dari Dinas Kesehatan, ketika pasien kembali ke rumah untuk pemulihan bisa digunakan kursi roda tersebut,” beber dr. Aci panggilan akrab Kadis Kesehatan Deli Serdang yang terkenal ramah ini.

Dari hasil kejadian kemarin itu, kata dr Aci, ternyata masih banyak warga yang belum mendapatkan Informasi secara jelas terkait program pemerintah seperti penggunaan Kartu KIS, adanya berobat gratis di seluruh tiap Puskesmas.

“Ini tentu saja saya menyimpulkan terkait sosialisasi masif lewat media massa sangat diperlukan, agar tersampaikan secara cepat kepada masyarakat luas,” tutup dr Aci. (ewi)



Posting Komentar

0 Komentar