Breaking News

6/recent/ticker-posts

POLAIRUD POLRES DOMPU GELAR PATROLI DI ZONA PERAIRAN TELUK SALEH

Tarunaglobalnews.com NTB Dompu — Dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan di zona perairan teluk saleh dan sekitarnya, Satuan Polairud bersama Angkatan Laut (POSAL Calabai) menggelar Patroli Gabungan Polmas Perairan, menyisir sejumlah titik di Wilayah Perairan Teluk Saleh terutama jalur yang dilintasi Kapal-kapal Angkutan Pelayaran Regional, Sabtu (27/1/2023) sekira pukul 10.00 Wita.

Patroli ini dilakukan secara eksklusif mengingat kondisi cuaca memasuki musim penghujan rentan timbulnya badai serta gelombang pasang di tengah perairan laut Teluk Saleh, antara lain di Dusun Tente, Desa Calabai Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu dan sekitarnya.

Untuk itu kata Kasat Polairud, operasi ini mengerahkan personil lengkap menyasar warga serta awak kapal baik yang bersandar maupun yang tengah berlayar menjadi sasaran himbauan dari para petugas.

Lanjut Kasat Polairud, Ipda Syarifuddin, bahwa sejumlah personil yang diterjunkan terdiri dari Kuat Personil sebanyak 3 pasukan lengkap menggunakan Satu unit Kapal, KP. XXI - 2005. Tipe C2, Satu unit KP XXI 2012 tipe C 3, masing-masing memegang 2 Pucuk Senpi Bahu.

Kemudian tujuan giat ini adalah anggota memberikan himbauan kepada para nelayan hingga juragan kapal barang yg sedang berlabuh terkait pentingnya mematuhi aturan standar keselamatan saat beralayar di laut.

"perlunya menggunakan peralatan keselamatan laut yang memadai seperti menggunakan jaket pelampung, kompas navigasi serta mengikuti perkembangan cuaca,"imbuhnya. 

Selain itu khusus warga dan nelayan, juga diminta untuk tidak melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak ( Bom ikan ), atau potasium, dan zat kimia lain sejenisnya yang dapat merusak ekosistem dan biota bawah dasar laut, terutama terumbu karang, gunakan alat tangkap yang ramah lingkungan sesuai ketentuan yang ada," terangnya. 

Bahkan, kaitan pemilu, juga diminta kepada masyarakat pendukung calon legislatif maupun calon presiden untuk tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, tidak melakukan hal-hal yang menimbulkan terjadinya konflik di tengah masyarakat serta perbedaan pandangan/ideologi dalam politik.

"Tidak terprovokasi, dan tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas serta mengajak masyarakat nelayan dan masyarakat lain pada umumnya untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan pemilu tahun 2023-2024 dengan damai dan katakan tidak golput, harapnya.

Untuk diketahui, kondisi cuaca pada saat patroli, meskipun cerah namun terdapat tanda-tanda ancaman badai dan gelombang pasang mengingat kini memasuki musim penghujan ekstrem, sehingga selalu waspada ketika mau turun ke laut. 

"Cuaca cerah dengan Gelombang : 0.1 s.d 1.25 m, Angin tenggara kec. rata-rata 30 Knot per jam," tuturnya.

Untuk memaksimalkan peran anggota juga melakukan penggalangan terhadap pihak terkait terutama Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) serta petugas pelabuhan demi terciptanya situasi dan kondisi di perairan aman dan terkendali, pungkasnya. (Rdw/ddo) 

Posting Komentar

0 Komentar