Breaking News

6/recent/ticker-posts

PEMBINAAN ROHANI BAGI NARAPIDANA RUTIN LAKSANAKAN DI LAPAS DOMPU

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Narapidana adalah bagian dari insan manusia biasa yang tak luput dari kesalahan dan kelalaian. Untuk itu selama mereka masih menjalani hukuman Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu terus meningkatkan Pembinaan kerohanian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sesuai dengan agama yang dianutnya.

Kegiatan ini memang kerap di lakukan oleh warga binaan setiap hari Rabu (6/9/23) di mulai sekitar pukul 08.00 wita sampai selesai bertempat di mesjid At-taubah Lapas Dompu.

Kalapas Dompu, Halik menjelaskan,tujuan Pembinaan kerohanian tersebut dimaksudkan untuk memenuhi salah satu hak dari pada Warga Binaan Pemasyarakatan, sebagaimana yang diisyaratkan dalam Peraturan Pemasyarakatan, Selain itu juga sebagai bekal untuk Warga Binaan Pemasyarakatan agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik di dalam Lapas maupun ketika sudah kembali kepada masyarakat. 

Selama berlangsungnya kegiatan ini bagi warga binaan yang beragama Islam langsung berkumpul di dalam mesjid dan diawasi langsung oleh Kasi Adm. Kamtib, Mustamin dan Pejabat struktural, jelas Halik.

Pada giat ini juga melibatkan beberapa pegawai untuk bersama-sama dengan Narapidana, dan diharapkan dapat membangun komunikasi positif dengan warga binaan serta mempererat silaturahmi dan berdiskusi guna membentuk kesadaran WBP agar tergerak untuk lebih banyak melakukan hal-hal positif, terangnya. 

Namun sebelum memulai kegiatan pembinaan rohani yakni pembacaan yasinan bersama, Mustamin selaku pembina menyampaikan pesan Kalapas Dompu, Halik agar kepada Warga binaan untuk menjaga tata krama, tingkah laku dan etika baik dengan sesama Warga binaan maupun Pegawai. Dan juga diarahkan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, utamanya pada kamar masing – masing, pintanya. 

Lewat kegiatan pula sangat diharapkan bagi Warga binaan dapat memperbaiki diri dan memahami lebih dalam tentang agama Islam serta dapat menjalin hubungan baik antar sesama warga binaan khususnya dan utama berhubungan langsung dengan Allah SWT, sehingga terciptanya ketenangan bhatin sendiri maupun kondisi Lapas Dompu yang aman, nyaman dan kondusif, pungkas Kalapas Dompu via staf humas nya. (Rdw/Dodo) 

Posting Komentar

0 Komentar