Breaking News

6/recent/ticker-posts

Ketua TP PKK Simalungun Hadiri Acara Lomba Tari Tingkat SMP Dan Lomba Bercerita Tingkat SD Sekecamatan Bandar Masilam

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Simalungun, Bandar Masilam — Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Simalungun Ny.Ratnawati Sidabutar Hasiholan Sinaga menghadiri acara Lomba Tari (tortor) Tingkat Remaja (SMP) dan Lomba Bercerita (marturi turian) tingkat SD Se-Kecamatan Bandar Masilam, di Balai Nagori Panombean Baru Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Rabu (30/8/2023) pukul 10.00 wib hingga selesai. 

Acara yang resmi dibuka oleh Camat Bandar Masilam Ida Royani Damanik.S.Pd, M.Ap ini diawali dengan pembacaan Doa yang dibawakan oleh Ahadi Cik.S.Pd.i, selaku Pangulu Bandar Gunung, dilanjutkan dengan kata kata sambutan yang antara lain disampaikan oleh Camat Bandar Masilam Ida Royani Damanik.S.Pd, M.Ap, dilanjutkan dengan kata sambutan disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Simalungun Ny.Ratnawati Sidabutar Hasiholan Sinaga.

Camat Bandar Masilam Ida Royani Damanik.S.Pd, M.Ap dalam kata sambutannya menyampaikan " terimakasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Simalungun Ny.Ratnawati Sidabutar Hasiholan Sinaga, yang telah berkenan meluangkan waktu menghadiri kegiatan Lomba Tari (tortor) untuk tingkat Remaja (SMP) dan Lomba Bercerita (marturi turian) untuk tingkat SD se Kecamatan Bandar Masilam pada hari ini, kami ucapkan selamat datang ibu di Kecamatan Bandar Masilam", tutur Camat Bandar Masilam.

Selanjutnya Camat Bandar Masilam Menyampaikan "ucapan terima kasih kepada para Pangulu 10 Nagori yang ada di Kecamatan Bandar Masilam ini, juga kepada masyarakat Kecamatan Bandar Masilam atas partisipasinya dalam pelaksanaan acara kita pada hari ini, mudah mudahan acara kita pada hari ini akan membawa dampak positif kepada generasi atau anak anak kita yang ada di kecamatan Bandar Masilam ini, juga terkhusus saya ucapkan terimakasih kepada Pangulu Panombean Baru beserta Masyarakatnya selaku tuan rumah dalam kegiatan kita hari ini, dan atas partisipasinya saya ucapkan terimasih", tutur Camat Bandar Masilam Ida Royani Damanik.S.Pd, M.Ap.

Sebelumnya kedatangan Tim Penggerak PKK Kabupaten Simalungun beserta rombongan disambut hangat penuh kekeluargaan oleh Forkopimca Bandar Masilam, diantaranya Camat Bandar Masilam Ida Royani Damanik.S.Pd, M.Ap, Upt Kesehatan/ Kapuskesmas Bandar Masilam dr. Bernad F Tindaon, Upt Kesehatan/Kapuskesmas Bandar tinggi dr. Sri Mardiani, Kasubsektor Sel Langgei Ipda PH Sidauruk, mewakili koramil 06 Bandar, para pangulu dan TP PKK Nagori sekecamatan Bandar Masilam,  dan tim masing masing kontingen dari tiap Nagori.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Simalungun Ny.Ratnawati Sidabutar Hasiholan Sinaga menyampaikan "bahwa tujuan kegiatan lomba tari atau tortor untuk tingkat remaja SMP juga lomba bercerita atau marturi turian untuk tingkat SD ini semata mata untuk membumikan budaya daerah kabupaten Simalungun ini kepada generasi kita yang akan datang, yang intinya jangan sampai generasi kita nantinya buta terhadap budaya daerahnya, juga orang orang tua kita saat ini agar mampu mengingatkan anak anak kita bahwa pentingnya kita melestarikan budaya kita warga Kabupaten Simalungun", kata ketua TP PKK Simalungun.

Dalam kata sambutannya ketua Tim Penggerak PKK Simalungun menyampaikan "bahwa kita sadari saat ini akibat masuknya budaya luar atau bidaya asing, yang dikemas dalam canggihnya sarana kominaksi dan informasi lewat dunia maya, juga fasilitas komunikasi saat ini yang dikemas melalui digitalisasi atau Android, mau tidak mau menuntut kita selaku orang tua untuk membentengi anak anak kita atau generasi kita terhadap kecintaan dan pemahamannya terhadap budaya lokal, khususnya budaya daerah kita sendiri Kabupaten Simalungun yang kita cintai ini", ucap ketua TP PKK Simalungun.

Oleh karenya, menurut ketua TP PKK Simalungun yang memang begitu peduli terhadap generasi warga Kabupaten simalungun ini "mari kegiatan ini kita jadikan ajang untuk menumbuh kembangkan bakat generasi kita tentang budaya daerah kita Simalungun, dengan demikian kecintaan terhadap budaya kita Simalungun dapat tumbuh dan berkembang sejak dini bagi generasi kita, terutama bagi anak anak kita yang masih duduk dibangku sekolah dasar (SD) juga ditingkat sekolah menengah pertama (SMP) atau anak anak remaja kita, dan selaku ketua TP PKK Simalungun saya ucapkan selamat bertanding semoga sukses acara pada hari ini", tutup ketua TP PKK Simalungun Ny.Ratnawati Sidabutar Hasiholan Sinaga mengakhiri kata sambutannya.

Usai pelaksanaan perlombaan para dewan juri melakukan sidang tertutup untuk memberikan penilaian, hingga akhirnya dewan juri membuat satu keputusan yang terpilih menjadi pemenang antara lain

Untuk Jenis Lomba Tari (Tor tor) 

Juara I dengan Nomor Undi 03 diraih oleh Nagori Bandar Silou, untuk Juara II nomor Undi 10 diraih oleh Nagori Lias Baru, untuk Juara III nomor undi 02 diraih oleh Nagori Partimbalan.

Sedangkan untuk Juara harapan I nomor undi 07 diraih oleh Nagori Bandar tinggi, untuk Juara harapan II nomor undi 05 diraih oleh Nagori Bandar Gunung, untuk Juara harapan III nomor undi 09 diraih oleh Nagori Bandar Rejo.

Untuk Jenis Lomba Bercerita (Marturi turian).

Juara I  nomor undi 04 diraih oleh Nagori Bandar Masilam II, untuk Juara II nomor undi 02 diraih oleh Nagori Partimbalan, untuk Juara III nomor undi 10 diraih oleh Nagori Lias Baru.

Untuk Juara harapan I nomor undi 08 diraih oleh Nagori Bandar Masilam I, untuk Juara harapan II nomor undi 01 diraih oleh Nagori Panombean Baru, untuk Juara harapan III nomor undi 07 diraih oleh Nagori Bandar Tinggi

Sebagaimana diketahui bahwa hasil dari Lomba tari (tor tor) tingkat remaja (SMP) dan Lomba Bercerita (Marturi turian) untuk tingkat SD se Kecamatan Bandar Masilam ini nantinya bagi Juara I dan Juara II akan dipertandingkan kembali ke tingkat Daerah Pemilihan (Dapil) Simalungun 3 yang meliputi 4 (empat) Kecamatan, yaitu Kecamatan Bandar Masilam, Bandar Huluan, Pematang Bandar dan Gunung Malela, yang selanjutnya Juara di tingkat Daerah Pemilihan (Dapil) Simalungun 3 ini nantinya akan diperlombakan kembali di tingkat Kabupaten Simalungun. (FN) 

Posting Komentar

0 Komentar