Breaking News

6/recent/ticker-posts

Kerap Telan Korban, Warga Minta Tutup Galian C Diatas Jembatan Sei Basah Tadukan Raga

Galian C di Desa Tadukan Raga Dusun III Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang.

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Deli Serdang — Galian C yang berlokasi di Desa Tadukan Raga tepatnya diatas jembatan Sei Basah Dusun III Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang sudah sangat meresahkan warga. Demikian dikatakan puluhan warga kepada wartawan. Sabtu (22/7/2023).

Lebih jauh diungkapkan warga, keresahan itu bermula lantaran aktivitas penambangan di sana telah berulang kali menelan korban terutama pengendara sepeda motor.

Ada pun pengendara yang sudah menjadi korban yakni, Jumiati (45) dengan kondisi telapak kaki koyak 28 jahitan, Muhimin dengan kondisi tulang rahang bergeser, dan satu lagi korban bernama Sri Ramadhani (37) masing-masing warga Dusun I Tungkusan Desa Tadukan Raga.

Diungkapkan warga, terjadinya kecelakaan dimaksud disebabkan lantaran akses jalan di sana kondisinya sangat licin akibat dipenuhi material tanah.

Menyikapi kondisi ini, warga berharap, pihak berkompeten dalam penindakan, terutama penegak hukum agar segera turun tangan menghentikan aksi Galian C tersebut.

Disisi lain, seperti keterangan yang berhasil dirangkum, aktivitas Galian C dimaksud bukan tidak pernah mendapat tindakan dari dinas terkait seperti Satpol PP dan lainnya. Namun, setahu bagaimana, Galian C tersebut tetap eksis berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

Disisi lain, Ginting salah seorang warga mengungkapkan, terkait penindakan terhadap Galian dimaksud bukanlah hal sulit.

Pasalnya, seperti diketahui, lapak yang dijadikan penambangan Galian C tersebut merupakan lahan eks HGU kebun Patumbak PTPN 2 yang kemudian berstatus lahan garapan dan diduga belum berstatus penetapan hukum yang kuat. Jadi jelas dapat dipastikan kalau Galian C ilegal di sana ilegal alias tidak mengantongi ijin.

Menyikapi permasalahan tersebut, Kades Tadukan Raga Mhd Dermawan ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan pihaknya saat ini sedang berkordinasi dengan atasannya guna mencari solusi menuntaskan aktivitas Galian C yang sudah berdampak keresahan ditengah - tengah warga masyarakat tersebut. (Ewi)

Posting Komentar

0 Komentar