Breaking News

6/recent/ticker-posts

Gerombolan Anak Geng Motor Berkeliaran Dipagar Merbau, Polisi Patroli Secara Intens Terus diLaksanakan

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Deli Serdang — Terkait isu geng motor berulah di Pagar Merbau, seperti yang diberitakan salah satu media online pada hari Minggu tanggal 2 Juli 2023 dengan gambar kelompok GH mengacungkan sajam membuat kepanikan dan ketakutan masyarakat.

Terkait pemberitaan tersebut, Kapolsek Pagar Merbau Polresta Deli Serdang Iptu I. R. Sitompul, SH angkat bicara dan mengatakan anggotanya sudah melakukan patroli untuk memastikan kondisi aman. 

"Anggota sudah melakukan patroli untuk memastikan kondisi aman, apapun info itu kita tanggapi. Jadi saya pimpin langsung juga ke lapangan. Kalau ada isu, kita datangi, kita cek."kata Kapolsek Pagar Merbau.

Masih dikatakannya, tidak ada geng motor yang berulah di Pagar Merbau, Namun ia mengakui adanya segerombolan anak muda yang menggunakan motor kerap berkeliaran di malam libur, tetapi tak sampai melakukan tindak pidana.

"Kalau malam Minggu, malam libur kita juga antisipasi karena ada yang naik motor rombongan, lima sampai sepuluh motor, Dan memang kalau malam Minggu banyak anak-anak naik motor, tapi apakah itu bisa dikategorikan geng motor? Tapi informasi ini ya malah menambah kewaspadaan kita,"ungkapnya.

Iptu I. R. Sitompul, SH juga menjelaskan, Polsek Pagar Merbau juga perketat pengamanan dengan melakukan patroli pada malam hari, terutama pada Sabtu dan Minggu malam. Patroli dilakukan di lokasi titik-titik rawan.

"Hal ini bisa dicek, anggota saya selalu siaga. Kita kalau Minggu operasi skala sedang tingkat Polsek dan skala besar di tingkat Polresta. Semua demi ketenteraman warga,"jelas Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, sebelum adanya pemberitaan tersebut polsek sudah mendapatkan informasi dan telah melakukan penyelidikan terhadap anak geng motor yang berasal dari kecamatan galang dan kecamatan lubuk pakam yang melintas diseputaran wilayah kecamatan pagar merbau yang berbatasan dengan kecamatan galang.

Penyelidikan harus dimaksimalkan terlebih dahulu dan tidak perlu kami publikasikan kegiatan penyelidikan kami tersebut supaya penindakannya dapat hasil yang baik.

Dijelaskan bahwa anak geng motor tersebut masih dalam pantauan Polsek pagar merbau apabila ditemukan membawa senjata tajam atau benda berbahaya lainnya pasti akan kita tindak tegas.

Kapolsek Pagar Merbau Iptu I. R. Sitompul, SH, MH juga menjelaskan Upaya preemtif dan preventif juga sudah kita lakukan diantaranya yaitu:

1. Sosialisasi oleh bhabinkamtibmas kita di desa masing-masing dan berkoordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat. 

2. Berkoordinasi dan menyurati para kepala desa agar warga memberikan informasi kepada polsek pagar merbau apabila mengetahui diwilayahnya ada geng motor, knalpot blong dan balap atau tindak pidana lainnya. 

3. Melaksanakan patroli ditempat sepi dan langsung sweeping apabila menemukan orang yang mencurigakan. 

4. Melaksanakan penindakan berupa razia dititik tertentu dan sudah sekitar seratus kendaraan sp motor yang menggunakan knalpot blong diamankan di Polsek pagar merbau. 

5.Mengamankan 19 orang anak-anak kecamatan pagar merbau yang terlibat geng motor ZERVANOS, kemudian diberikan tindakan fisik dan diberikan pembinaan serta edukasi (sebulan lalu ini sudah kita bubarkan).

Hasil dari kegiatan tersebut sampai saat ini wilayah kecamatan pagar merbau masih aman dan kondusif dan kita akan tetap konsisten untuk memberantas geng motor, begal, balap liar, knalpot blong dan atau tindak pidana lainnya. 

Terkait foto anak anak geng motor yang ada di foto salah satu pemberitaan media tersebut itu adalah foto lama (tahun 2022) dan pada saat orang-orang yang ber foto itu kita pastikan bukan berada di kecamatan pagar merbau.

Ketika kita melakukan penyelidikan kepada warga yang menjadi sumber dalam pemberitaan media tersebut dirinya mengaku belum pernah melihat orang-orang yang ada di foto tersebut.

Sumber melihat rombongan sepeda motor yang berjumlah kurang lebih 20 Sepeda Motor beberapa hari yang lalu.

Namun demikian terima kasih atas pemberitaan tersebut, dengan adanya pemberitaan itu, memacu semangat kami untuk tetap mengantisipasinya dengan bekerjasama bersama masyarakat dan perangkat desa. Papar Kapolsek.

Kapolsek Pagar merbau meyakinkan agar warga tetap beraktivitas seperti biasa karena sampai saat ini situasi wilayah kecamatan pagar merbau relatif aman kondusif dan belum ada keluhan warga yang melintas baik siang maupun malam hari kepada kami, dan tetap siaga 24 jam apabila warga membutuhkan kami. 

Beberapa warga masyarakat juga mengucapkan terimakasih kepada Polsek pagar merbau atas penindakan yang dilakukan yang mana saat ini sudah banyak berkurang sp motor yang menggunakan knalpot blong sehingga warga dapat nyaman pada saat beraktivitas dan pada saat beristirahat pada malam hari. 

Diakhir keterangannya Iptu I. R. Sitompul juga mengucapakan terima kasih kepada beberapa warga, perangkat desa, awak media dan juga FORWASPAMS ( FORUM WARTAWAN - LSM PAGAR MERBAU DAN SEKITARNYA) yang selama ini sudah mendukung serta bekerjasama dengan memberikan informasi terkait geng motor dan knalpot blong serta balap liar sehingga terciptanya situasi aman dan kondusif diwilayah Kecamatan Pagar Merbau. (Ewi)

Posting Komentar

0 Komentar