Breaking News

6/recent/ticker-posts

Polsek Dompu Mampu Mediasikan Dua Desa Yang Bergejolak

Kapolsek Dompu sedang mediasikan dua desa yang sedang berseturu


TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Menyikapi setiap gejolak akibat kerawanan yang timbul di tengah-tengah masyarakat, Kepolisian sudah pasti akan hadir mengurai hingga menghadirkan Sitkamtibmas yang kondusif.

Buktinya, menyikapi gejolak sosial yang timbul di antara sejumlah kelompok warga Desa Katua dengan Manggena'e. Untuk menyelesaikan hal tersebut, lagi-lagi mengambil langkah persuasif, humanis.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kapolsek Dompu, Ipda Arif Syarifuddin, SH., saat menggelar 'hearing' terbatas dalam rangka rekonsiliasi yang dihadiri oleh Camat Dompu, Ardiansyah, SE., pada Rabu (26/4/2023) malam sekira pukul 20.40 Wita.

"Hadir Ketua Adat Desa Ketua Taufik Alias Kepo beserta Toga, Toma, dan Toda setempat," tutur Kapolsek.

Turut terlibat saat pertemuan yang sarat nuansa kekeluargaan ini, unsur TNI dalam hal ini diwakili Pasi Intel Kodim 1614 Dompu Kapten Inv Adisan, Kades Manggena'e, Ikraman, serta BABINSA dan BKTM kedua desa.

"beberapa permasalahan yg dapat dibahas dan merupakan hal yg memicu terjadinya konflik yg berkepanjangan antara Desa Katua dan Desa Mangge Na'e," ungkap Kapolsek.

Sementara, lanjutnya, terkait dengan belum terselesainnya pembagian tanah Lahan Jagung, Kapolsek menerangkan bahwa menjadi pemicu adanya ketegangan kedua belah pihak.

"bahkan sempat ada penyenderaan serta pengerusakan dua unit Ranmor milik Masyarakat Desa Katua dan Mobil Ambulan milik Desa Mangge Na'e," tandasnya.

Untuk itu, sebagai pihak yang bertanggung jawab atas terciptanya Sitkamtibmas, Kapolsek menyampaikan bahwa upaya pemerintah Kecamatan Dompu dalam menyelesaikan konflik antara Desa Katua dan Desa Mangge Na'e diterima baik oleh Pemangku adat dan Kades Mangge Na'e serta Tokoh Masyarakat Kedua Desa.

"Dalam waktu dekat akan ada pertemuan lanjutan yang belum ditentukan waktu dan tempat yang difasilitasi oleh pemerintah Kecamatan Dompu," paparnya Kapolsek.

Kapolsek menghimbau agar warga Kedua Desa dapat segera mengakhiri serta menempuh cara-cara kekeluargaan dalam menyelesaikan setiap persoalan.

Di samping itu, Kapolsek juga mengajak seluruh komponen warga untuk dapat turut serta menjaga serta memelihara Sitkamtibmas agar tercipta hubungan antar warga yang harmonis.

Proses pelaksanaan rekonsiliasi berjalan alot, berakhir pukul 00.15 wita berjalan dengan aman dan lancar, pungkas Kapolsek Dompu. (Rdw/Dodo) 

Posting Komentar

0 Komentar