Breaking News

6/recent/ticker-posts

9 Kapal Milik Pelni Siap Layani Arus Mudik Natal Dan Tahun Baru Dari Pelabuhan Sorong

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat Daya — Kantor cabang Pelni Sorong,siap melayani masyarakat yang hendak mudk Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.Menurut Kepala Cabang PT Pelni Sorong,Muhammad Lutfi Israr Sutan yang di temui wartawan di ruang kerjanya mengatakan bahwa sebelumnya ada 8 unit kapal milik PT Pelni yang telah beroprasi melayani rute dari dan ke Sorong di tambah 1 kapal lagi dari PT Pelni untuk melayani Nataru. Jadi saat ini ada 9 kapal milik PT Pelni melayani arus mudik khususnya di wilayah timur Indonesia dan sampai saat ini sudah sekitar lima ribu sampai enam ribu penumpang yang pulang mudik untuk merayaan Natal dan tahun baru di kampung halamannya. Rabu (21/12/22).

Sebelumnya sejak tanggal 15 Desember 2022, arus mudik sudah mulai ramai dan diperkirakan puncaknya pada tanggal 22 dan 23 Desember,nanti pada tanggal 22 Desember KM Labobar melayani rute ke Ternate dan Bitung sedangkan pada tanggal 23 KM Dobonsolo akan melayani rute ke wilayah barat dengan tujuan Ambon,Makasar, Surabaya dan jakarta ,"ucap kacab Pelni Sorong".

Saat ini sekitar sembilan armada kapal Pelni sudah keluar dari Sorong untuk menghatar penumpang mudik.

"Sudah enam dari sembilan armada yang keluar Sorong dengan Kapasitas penumpang masing-masing sekitar seribu orang," ucap kacap Pelni Sorong kepada awak media di ruang kerjanya.

Selanjutnya,Muhammad Lutfi Israr Sutan juga mengatakan bahwa di tahun ini tidak ada penambahan armada kapal,tapi kapasitas penumpang naikan sekitar 100 persen.

Sebelumnya PT Pelni cabang Sorong sudah bisa memprediksi bahwa lonjakan arus mudik paling banyak yakni rute dari Sorong ke Ambon dan dari Sorong ke Bitung,"jelasnya".

"Berdasarkan pengalaman kita sudah bisa memprediksi kalau penumpang paling banyak itu pasti arah Ambon dan Bitung jadi kita persiapkan dengan baik,"tutur kacap Pelni Sorong".

Sementara ini untuk Rute kapal yang ke arah Bitung dialokasikan tiga armada kapal yakni KM Labobar, Sinabung dan KM Tatamailau.

Sedangkan ntuk rute Ambon hanya ada empat armada kapal sehingga ada armada yang rutenya dipindahkan ke Ambon.

"Jadi saat ini ada dua sampai tiga armada rutenya kita pindahkan ke Ambon. Sebelumnya kapal ini tidak menyinggahi Ambon, tapi semua ini untuk mengatasi lonjakan penumpang," ujarnya".

Kemudian untuk penjualan tiket menurut kacap Pelni cabang Sorong bahwa sampai saat ini kami sudah mulai membuka penjualan tiket dan sudah dilakukan dua Minggu sebelum hari keberangkatan, sehingga para penumpang tidak tergesah-gesah dan tidak antre panjang di loket pembelian tiket.

Saat ini PT Pelni cabang Sorong juga mendapat dispensasi penambahan kapasitas muat penumpang.

"Jadi misalnya kapal dengan kapasitas muat 1000 kita bisa tambah 100 sampe 200 penumpang begitu dispensasinya," jelas Muhammad Lutfi Israr Sutan".

Sehingga kami juga akan memperkirakan untuk arus balik juga pasti akan berjalan aman dan lancar,"imbuhnya".

Kami dari PT Pelni saat ini sudah mempersiapkan arus balik dengan mengerahkan seluruh armada.Arus balik di perkirakan sekitar tanggal 3 - 5 Januari tahun 2023 sehingga kami dari PT Pelni sudah mempersiapkan beberapa armada kapal untuk siap melayani masyarakat," pungkas dia,"tutur kacab Pelni Sorong".

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar