Breaking News

6/recent/ticker-posts

BPJS Bersama FSPMI Kota Batam Gelar Sosialisasi Program JKN - KIS Pada Masyarakat dan Ojol Kota Batam


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Kota Batam — BPJS melakukan edukasi terkait kesehatan bagi Warga Kota Batam baik sebagai Penerima Upah (PU) maupun yang Bukan Penerima Upah (BPU)/Mandiri di Gedung Numera Asrama Haji Kota Batam, Pada hari Jum'at 21 Oktober 2022.

Turut Hadir Yapet Ramon Selaku Konsulat Cabang FSPMI Kota Batam, dan DPW FSPMI yang di wakili Oleh Hendrik, serta Gusril sebagai perwakilan dari Driver Ojek Online Kota Batam.

Hadir juga Nining Indira Khorukina selaku Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Kesehatan Kota Batam didampingi Aditya melakukan Edukasi terkait tata cara penggunaan BPJS mulai dari pendaftaran, iuran bulanan, sampai ke materi pentingnya, yaitu PBI (Penerima Bantuan Iuran) untuk warga kurang mampu.

Sebagaimana pentingnya peran BPJS kesehatan untuk mengcover beban biaya perobatan di rumah sakit. Sebagai pertanggung jawaban perusahaan terhadap karyawan yang bekerja di Perusahaannya, demikian disampaikan Nining dalam acara sosialisasi tersebut.

Di dalam sesi tanya jawab, perwakilan dari ojek online yaitu Gusril, mempertanyakan tentang PBI (Penerima Bantuan Iuran) tersebut.

Menurutnya, dimana para pekerja pengemudi ojek online merupakan orang-orang yang melakukan pembayaran BPJS kesehatan tersebut secara mandiri.

"Apakah bisa driver ojol itu memiliki hak sebagai penerima bantuan iuran (PBI), karena pendapatan bulanan tidak UMK?" Tanya Gusril.

Gusri mempertanyakan secara kritis terkait hal itu, menurutnya, karena pendapatan driver saat ini mayoritas sedang menurun pendapatannya dan kebingungan terkait pembayaran BPJS tersebut.

Nining menyampaikan tata cara yang dapat dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku untuk mendapatkan hak apa yang ditanyakan oleh Guslril.

"Aturannya yaitu mengurus surat keterangan tanda tidak mampu dari RT, RW, Kelurahan, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, karena Dinas Sosial lah yang mempunyai kewenangan terkait data tersebut," Jawab Nining selaku Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Kesehatan Kota Batam.

Dari jawaban yang diberikan oleh Nining, Gusri pun mengucapkan terimakasih atas informasi yang diberikan kepadanya sebagai perwakilan Ojol dan juga masyarakat.

"Semoga pertemuan hari ini adalah poin penting untuk langkah kedepannya agar Gotong Royong dalam gerak kesehatan warga Indonesia bisa berjalan dengan semestinya. Ungkap Gusril kepada awak media. (Zulfi H.Ginting)


Posting Komentar

0 Komentar