Breaking News

6/recent/ticker-posts

World Tourism Day dan Focus Group Discussion (FGD) fokus di Program KBN

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Morotai — Lanal Morotai dan Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai mengadakan forum diskusi 'World Tourism Day dan Focus Group Discussion (FGD) khusus membahas Kampung Bahari Nusantara(KBN) desa Koloray. Kegiatan berlangsung di Cafe Jangkar Ds Juanga Kec. Morsel, Selasa(29/09/2022)

Dihadiri oleh Danlanal Morotai Letkol Laut(P) Amin Wibowo S.T , Para Pimpinan SKPD dan OPD Kab. Pulau Morotai. 

Kadispar Bpk Kalbi Menyampaikan utk program KBN ini bukan hanya program dari TNI AL tetapi sudah menjadi program Kabupaten Morotai karena sejalan dengan program desa wisata plus plus yang tidak hanya bertumpu pada pengembangan sektor wisata alam dan ekonomi kreatif saja tetapi dikembangkan sebagai desa wisata cerdas dan sehat, wisata desa literasi, desa cantik/cinta statistik(BPS), desa wisata anti narkoba(BNN). Sehingga menjadi pembeda dengan desa wisata lainnya. 

Beberapa catatan penting dihasilkan dari forum pertemuan tersebut diantaranya penetapan desa Koloray sebagai desa percontohan untuk Program Desa Wisata yang dikhususkan untuk pengembangan Kampung Bahari Nusantara.

Agar mempunyai daya tarik dan nilai jual yang tinggi akan dibentuk beberapa cluster sebagai center point guna membangun desa yang cerdas dan maju. 

Danlanal Morotai Letkol Laut (P) Amin Wibowo, S. T dalam hal ini menyampaikan ada 5 cluster yaitu cluster kesehatan, cluster edukasi, cluster ekonomi, cluster pariwisata dan cluster pertahanan.

Berbagai bentuk dukungan datang dari berbagai instansi, salah satunya untuk menunjang cluster edukasi ,Dinas Pendidikan akan menyediakan sebanyak 500 buku untuk perpustakaan dan Rumah Pintar di desa Koloray guna meningkatkan minat baca dan sebagai sarana edukasi untuk masyarakat sekitar. 

Terobosan lain yang akan dikakukan di cluster ekonomi adalah pembuatan tempat pengeringan ikan dengan menggunakan tenaga surya. 

Cluster Kesehatan juga mendapat perhatian, dengan diadakannya renovasi untuk Puskesmas Pembantu dan penyediaan obat-obatan dan tenaga medis yang disiagakan di desa Koloray.

Lanal Morotai juga menyumbangkan perangkat komputer dan sofware guna menunjang kebutuhan Teknologi dan informasi yang diperlukan.

Rancana kedepan Lanal Morotai juga akan melaksanakan pelatihan penyelaman untuk remaja atau masyarakat umum agar masyarakat setempat mempunyai keahliaan sehingga dapat menjadi nilai tambah sebagai guide tour untuk para wisatawan yang datang di KBN.

Diskusi ini juga mendapatkan perhatian dari bapak Feri anggota DPRD Provinsi Maluku Utara(Fraksi 3) menyampaikan bahwa program KBN sangat penting dan diharapkan dapat berkelanjutan pada tahun-tahun yang akan datang.

Dukungan penuh tentu juga akan diberikan secara maksimal oleh Pemda setempat untuk pembangunan dan perkembangan Kampung Bahari Nusantara karena semua berharap terbentuknya KBN yang berkelanjutan akan membawa dampak positif dan dapat membantu masyarakat dan pemerintah daerah di Kabupaten Pulau Morotai.

(Tim/Red/Dispen Lanal Morotai)

Posting Komentar

0 Komentar