Breaking News

6/recent/ticker-posts

Lanal Morotai Gandeng Instansi Vertikal membangun Kampung Bahari Nusantara Di Pulau Koloray

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Morotai Maluku Utara — Bekerja sama dengan instansi vertikal Kab. Pulau Morotai, Lanal Morotai yang saat ini dipimpin oleh Letkol Laut (P) Amin Wibowo S.T. membangun dan menjadikan Desa Koloray, desa binaan Lanal Morotai sebagai Kampung Bahari Nusantara. Sabtu (24/09/2022).

Instansi yang terlibat lain Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Kesbangpol, Dinas PMD, BNN, BPS Kab.Pulau Morotai dll yang mempunyai peranan sangat penting untuk dapat mendukung sepenuhnya pengembangan Kampung Bahari Nusantara. 

Dinas Pariwisata Kab.Pulau Morotai mencoba melakukan terobosan baru untuk membuat program pembinaan " desa wisata plus-plus".

Desa Wisata Plus-Plus tidak hanya bertumpu pada pengembangan sektor pariwisata alam dan ekonomi kreatif saja tetapi dikembangkan sebagai desa wisata cerdas dan sehat, desa wisata literasi , desa wisata anti narkoba dan sebagainya yang bersifat positif, sehingga menjadi pembeda dengan desa wisata yang ada di daerah lain.

Di harapkan dari program tersebut, Desa Wisata yang dimaksud dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, bisa hidup dan berkembang tanpa bantuan pemerintah atau pihak ketiga, sehingga secara mandiri dapat membangun desanya. Mengembangkan semua potensi yang ada, agar menjadi daya tarik pungunjung dan wisatawan sehingga terjadi perputaran ekonomi di desa tersebut.

Hal ini yang menjadi harapan yg sama dengan adanya pembangunan Kampung Bahari Nusantara.

Dalam suatu kesempatan wawancara, Kepala Dinas Pariwisata Bpk.Kalbi Rasyid mengatakan

"Kami besyukur ,Lanal Morotai sudah masuk dengan Program Kampung Bahari Nusantara,Kami berharap kemitraan ini bisa diperkuat dan solid, sehingga Kab. Pulau Morotai bisa menjadi contoh daerah lain" ujarnya. 

Dinas Pariwisara juga mengharapkan adanya dukungan dari instansi-instansi vertikal lain, sehingga kolaborasi yang sudah dibangun bisa memberi dampak yang lebih baik bagi desa yang dituju.

Rencana kedepan, dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia untuk pengelolaan Kampung Bahari Nusantara,Lanal Morotai gandeng Dinas Pariwisata dan tidak menutup kemungkinan keterlibatan instansi lain,akan mengadakan aksi Sapta Pesona, guna membentuk dan membina kesadaran masyatakat untuk menjaga lingkungan sekitarnya,"tuturnya.

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar