Breaking News

6/recent/ticker-posts

Kadis PU dampingi Bupati Sukabumi resmikan Destinasi Wisata Curug Sodong

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sukabumi — Kepala Dinas PU Binamarga Kabupaten Sukabumi Asep Japar, dampingi Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, dalam agenda peresmian destinasi wisata Curug Sodong, yang berlokasi di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, pada Minggu (04/08/2022)

Prosesi peresmian kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda. Sebelum meresmikan, H. Marwan bersama forkopimda hingga perangkat daerah mengendarai motor dari Ujunggenteng ke kawasan Curug Sodong. Mereka touring bersama di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) sambil melewati spot-spot pemandangan yang indah. 

Begitu pun dengan jajaran Dinas PU Binamarga Kabupaten Sukabumi, yang dikomandoi Asep Japar hadir dan ikuti rangkaian kegiatan bersama Bupati Sukabumi dari awal sampai selesai kegiatan tersebut.

Perlu diketahui bersama, untuk saat ini destinasi wisata yang berada di kawasan CPUGGp, telah memiliki wajah baru yang lebih representatif bagi wisatawan. Hal itu setelah mendapatkan revitalisasi. Berbagai fasilitas telah tersedia secara lengkap di area Curug Sodong mulai dari bale atau gazebo, mushola, menara pandang, hingga amphitheater. 

Tak hanya itu, parkiran pun cukup luas. Bahkan terdapat warung warung yang tertata dengan baik serta menjual produk UMKM. Bagi masyarakat yang ingin lebih lama menikmati suasana di Curug Sodong, bisa menginap di homestay sekitar area tersebut. 

H. Marwan Hamami mengaku bersyukur di HUT daerahnya yang ke152 tahun, bisa menambah fasilitas layanan kepada masyarakat. Salah satunya, kawasan Curug Sodong yang telah direvitalisasi. 

"Di sini telah ada fasilitas yang sangat lengkap, mari kita pelihara bersama. Buat masyarakat yang datang ke sini kerasan. Sehingga, mereka bisa mengajak orang lain agar berdatangan ke sini," ujarnya. 

Revitalisasi ini bukan sekadar mempercantik kawasan Curug Sodong. Namun, membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Wisatawan bisa menikmati fasilitas di sini. Dengan tingginya pengunjung, warga setempat pun harus lebih sejahtera. Masyarakat bisa menyediakan homestay hingga berjualan kepada wisatawan,"ucapnya. 

Maka dari itu, H. Marwan mengajak semua pihak untuk bersama - sama merawat kawasan ini termasuk masyarakat sekitar pun bisa lebih peduli. 

"Tempat ini merupakan milik bersama. Jadi harus kita rawat bersama-sama. "ungkapnya. 

Selain itu, dirinya mengajak masyarakat untuk memunculkan setiap potensi di desa. Sehingga, potensi itu bisa menjadi andalan dan dapat menyejahterakan masyarakat. 

"Seperti keberadaan Curug Sodong ini, minimal perekonomian masyarakat terungkit,"pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman dikukuhkan oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami sebagai ketua Satgas Konservasi Sumber Daya Alam. Selain itu terdapat penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Sukabumi dengan BPDAS Citarum Ciliwung yang ditandatangani Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. 

Berbagai penyerahan pun dilakukan oleh H. Marwan mulai dari pemberian alat mesin pertanian, pupuk cair organik, bantuan bagi disabilitas, makanan olahan ikan, perlengkapan keselamatan lapangan, hingga pemberian doorprize. Selain itu, dilakukan penyerahan santunan kepada yatim piatu dan THL di Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi. 

Kegiatan diakhiri dengan penanaman pohon dan pelepasan bibit ikan di area Curug Sodong. (Feri)

Posting Komentar

0 Komentar