Breaking News

6/recent/ticker-posts

Ketua PKK Simalungun Gelar Lomba Tari Haroan Bolon Tingkat SMP Di Bandar Masilam


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Bandar Masilam — Di bawah Kepemimpinan Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun mengadakan lomba seni tari tradisional Haroan Bolon tingkat Remaja, Pelajar SMP.  Acara pada  Kamis (14/7/2022).

Lomba diikuti oleh pelajar SMP (Tk Remaja) yang berdomisili di Nagori di Kecamatan Bandar Masilam, Dalam perlombaan tari itu, peserta akan membawakan 1 tarian wajib Haroan Bolon dan 1 tarian pilihan.

Ratnawati dalam sambutannya mengatakan, Simalungun merupakan daerah yang majemuk mempunyai keunikan tersendiri yaitu, keberagaman masyarakat dan budaya, terdiri dari etnis Simalungun, Jawa, Toba, Karo, Minang dan etnis lainnya hidup rukun damai dan saling berdampingan.

“Kegiatan ini tidak serta merta hanya untuk mencari juara. Tujuan utama perlombaan tari tradisional ini kita harapkan agar para generasi muda dapat menjaga kelestarian kesenian serta terpeliharanya nilai-nilai budaya dan seni, khususnya seni tari yang ditanamkan pada siswa-siswi remaja di Kecamatan Bandar Masilam ini” ujar Ratnawati saat membuka acara perlombaan.

Dia menuturkan, melalui perlombaan tari tradisional ini diharapkan kepada generasi muda di Kabupaten Simalungun, khususnya dikalangan pelajar Kecamatan Bandar Masilam agar dapat menggali potensi diri terutama di bidang seni tari dan budaya, serta menambah keeratan persaudaraan.

Untuk di Kecamatan Bandar Masilam perlombaan dilaksanakan di Balai Harungguan Nagori Panombean Baru Dengan peserta lomba tari dari 10, Nagori yg mengirimkan Kontingen,,diikuti 8 Nagori yakni, 1, Nagori Panombean Baru, 2, Lias Baru 3, Partimbalan, 4, Bandar Tinggi, 5, Bandar Rejo, 6, Bandar Gunung, 7,, Bandar Masilam,II, 8, Bandar Masilam, I. 

“Perlombaan ini akan kita jadikan program tahunan, bagi Nagori yang tidak ikut bertanding di tahun ini semoga akan ikut serta di tahun depan. Hal ini kita lakukan sebagai upaya untuk melestarikan seni budaya di Simalungun,” papar Ratnawati membuka perlombaan tari tarian Harian Bolon tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Camat Bandar Masilam, Ibuk Ida Royani, S.Pd. M AP, KUA, Kecaamtan Bandar Masilam, Sekcam Bandar Masilam, Kapolsek .Perdagangan,,di Wakilkan Bpk Aiptu Bernat Sinaga, Dan Ramil, 06/Pdg Bapak Serka Selamat Riadi, PT, JAPFA, seluruh Pangulu dan PKK Nagori se-Kecamatan Bandar Masilam. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar