Breaking News

6/recent/ticker-posts

Ketahanan Pangan Koramil 1802-01/Sorong Kota Buka Lahan Tanaman Jagung


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat – Koramil 1802-01/Sorong Kota kini membuka lahan tidur seluas 50 x 80 meter yang akan ditanami jagung yang bertempat di Jalan.Sorong Makbon Rt 03 Rw 02 Kelurahan Giwu Distrik Klaurung Kota Sorong provinsi Papua barat.Rabu, (06/07/2022).

“Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan program Pemerintah Daerah dibidang ketahanan pangan nasional dan lokal, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan Negara.

Kemudian menurut Danramil 01/Sorong Kota yang di wakili kapten INF Adam mengatakan bahwa kita membangun demplot pertanian untuk ketahanan pangan sendiri merupakan program dari Satuan Komando Atas yaitu Mabes TNI AD, dimana satuan komando teritorial diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan serta penyelenggaraan pembinaan ketahanan pangan.

“Dikarenakan tidak mempunyai lahan pertanian sendiri, upaya yang dilakukan oleh Kodim dengan cara berkoordinasi dengan Pemerintah daerah dan Dinas Pertanian melalui Koramil 01/Sorong Kota,untuk mendapatkan lahan pertanian serta mendapatkan bantuan bibit ataupun pupuk,” katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Daerah Kota Sorong dan masyarakat setempat yang telah membantu terlaksananya kegiatan ketahanan pangan tersebut.

“Lahan tidur dan tidak produktif dapat dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan demi mengurangi pembukaan lahan baru yang dapat membantu mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca,” terang Danramil.

Pak Karlos salah satu warga Makbon Rt 03 Rw 02 Kelurahan Giwu Distrik Klaurung menyampaikan bahwa saya sangat mendukung dan memberikan apresiasinya pada Kodim yang telah membangun lahan demplot pertanian penanaman jagung dalam upaya mendukung program ketahanan pangan daerah. 

Dikatakannya, pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk daerah. Pasalnya sektor pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat.

“Sektor pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan di Distrik Klaurung Kota Sorong dalam rangka mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern.

Ia berharap, ketahanan pangan harus dipertahankan dan terus ditingkatkan. Selain tanaman jagung menjadi salah satu primadona dalam agro bisnis di Indonesia karena tanaman jagung merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus," Ungkapnya".


(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar