Breaking News

6/recent/ticker-posts

Kapolres Dompu Pimpin Apel Operasi Patuh Rinjani yang Tertunda Tahun 2022


TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Kepolisian resor Dompu menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Rinjani 2022 yang tertunda dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Polda NTB yang di mulai pada tanggal 11 Juli hingga 24 Juli 2022.

Operasi Patuh Rinjani 2022 yang di laksanakan oleh jajaran Kepolisian seluruh Indonesia yang awalnya di laksanakan pada tanggal 11 Juni sampai dengan 24 Juni 2022 yang bersamaan langsung dengan Event Internasional MXGP Samota 2022. jajaran Polda NTB laksanakan Operasi Patuh Rinjani tertunda mulai 4 Juli sampai 24 Juli 2022 mendatang. 

Kapolres Dompu AKBP IWAN HIDAYAT SIK yang memimpin langsung kegiatan apel gelar Operasi Patuh Rinjani 2022 membacakan amanat Kapolda NTB yang mengatakan dengan meningkatnya jumlah kendaraan di Provinsi NTB yang menyebabkan jumlah pelanggar dan kecelakaan lalulintas meningkat, untuk itu di perlukan upaya-upaya penanganan secara profesional dan komperhensif serta kerja sama yang solid antara Polri, TNI dan stackholder lainnya guna menciptakan Kamseltibcar lantas yang aman dan terkendali, papar Kapolres Dompu saat di Konfermasi awak media kemarin pagi.

"Operasi patuh Rinjani 2022 akan berlangsung selama 14 hari mulai pada tanggal 11 Juli sampai dengan 24 Juli 2022 dengan tema "Tertib Berlalulintas Menyelamatkan Anak Bangsa".", Tegas Bapak Kapolda NTB dalam amanat yang di bacakan Kapolres Dompu pada apel gelar operasi patuh rinjani tadi pagi di lapangan apel mapolres Dompu. 

Ia menambahkan, dengan di laksanakan Operasi Patuh Rinjani 2022 ini diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran, Kecelakaan dan Fatalitas Kecelakaan serta mendidik masyarakat untuk disiplin berlalu Lintas di jalan raya. 

"Laksanakan Operasi ini dengan Sungguh-sungguh, gunakan tindakan edukatif, persuasif dan humanis serta lakukan pengawasan secara melekat terhadap personil di lapangan. Semoga selama kita menjalankan Operasi Patuh Rinjani 2022 ini dapat di berikan keselamatan dan kelancaran oleh Allah SWT ", tandasnya iwan Hidayat.

Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K usai pelaksanaan apel gelar mengatakan, tujuan dari pelaksanaan Operasi Rinjani 2022 adalah untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dalam mengendarai Kendaraan bermotor. 

“Sasarannya segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas, serta yang menjadi atensi utama dalam operasi ini adalah Kenalpot racing yang mengganggu kenyamanan dan keresahan masyarakat lainnya akan di lakukan tindakan sangsi tilang,” ujar Kapolres Bantul AKBP Iwan Hidayat, S.I.K Usai memimpin apel gelar pasukan di Mapolres Dompu, Senin (08/7/2022). Pukul 08.00 WITA.

Ia menuturkan, selama pelaksanaan Operasi Patuh 2022, pihaknya lebih mengedepankan pembinaan dan mengingatkan masyarakat atau pengguna jalan untuk disiplin berlalu Lintas guna terciptanya Kabupaten Dompu yang aman dan kondusif, ulasnya. 

Sedangkan untuk penegakan disiplin berlalu lintas, ditujukan pada pelanggar yang kasat mata. Target khusus untuk pelanggar lalu lintas misalnya seperti pengguna knalpot bising, tidak memakai helm, pemakai rotator oleh orang yang tidak berhak, lawan arus, balapan liar dan lainnya akan di ambil tindakan sesuai aturan yang berlaku, imbuhnya. 

Iwan berharap petugas di lapangan dapat memprioritaskan pada kegiatan yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat, diantaranya melakukan edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran tertib berlalu lintas kepada masyarakat serta melaksanakan publikasi tertib berlalu lintas.

“Atensi dari pimpinan atas Kita laksanakan kegiatan Operasi Patuh Rinjani 2022 dengan humanis,” ucapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk selalu menaati aturan lalu lintas dan melengkapi surat-surat kelengkapan berkendara seperti surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK).

“Yang penting juga periksa kendaraan sebelum digunakan untuk menghindari kecelakaan akibat tidak laiknya kendaraan,” pungkasnya.

Dalam Gelar Pasukan ini, Kapolres Dompu menyematkan pita operasi berwarna biru, sebagai tanda dimulainya Operasi Patuh Rinjani 2022. Dalam operasi kali ini Polres Dompu menerjunkan sebanyak 157 personel dibantu oleh personel dari TNI dan Dinas Perhubungan, dan apel gelar operasi Patuh Rinjani tersebut berlangsung tertib, aman dan kondusif, pungkas Achmad Marzuki. (Rdw/Dodo)

Posting Komentar

0 Komentar