Breaking News

6/recent/ticker-posts

Hari Mangrove Sedunia, Pasmar 3 Laksanakan Aksi Save Our Earth di Pantai Warmon Sorong


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat — Bertajuk melalui sinergitas penanaman mangrove nasional secara serentak tahun 2022, TNI AL bersama rakyat siap mendukung program penanggulangan bencana, perubahan iklim dan cuaca global, Pasmar 3 melaksanakan aksi penghijauan dengan penanaman mangrove di Pesisir Pantai Warmon, Kel. Malasom, Distrik Aimas, Kab. Sorong, Papua Barat. Selasa (26/07/2022). 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran TNI AL di 77 lokasi di seluruh Indonesia ini adalah dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia Tahun 2022, dengan melibatkan ratusan personel TNI-Polri, Forkopimda, unsur maritim, Pemerintah Daerah, lembaga sosial kemasyarakatan, pelajar dan masyarakat khususnya di pesisir pantai Warmon, Sorong. Kegiatan yang secara terpusat dilaksanakan secara Video Conference (Vicon) oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Menteri LHK Siti Nurbaya dari tanjung Pasir, Tangerang ini diharapkan dapat menyelamatkan ekosistem di pesisir pantai. 

Kasal dalam sambutannya mengatakan, selain kaya akan keanekaragaman hayati dan habitat bagi ikan dan krustasea, mangrove juga berperan sebagai pertahanan pantai alami terhadap gelombang badai, tsunami, kenaikan permukaan air laut dan erosi. “Berangkat dari kesadaran inilah TNI Angkatan Laut mengambil peran aktif dalam menjaga ekosistem laut dan pantai melalui gerakan restorasi mengrove secara serentak di seluruh Indonesia,” Tegasnya. 

Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa menjaga ekosistem laut merupakan tanggung jawab kita semua, sebab jika laut mengalami kerusakan dampaknya menjadi sangat besar bagi lingkungan sekitar. “Mari sama-sama kita jaga laut dari kerusakan, agar anak cucu kita dapat merasakan manfaatnya dimasa mendatang, ” ucapnya. 

Puncak kegiatan penanaman mangrove tersebut, Komandan Pasmar 3 didampingi para Asisten Danpasmar 3 memberikan tali asih kepada Bapak Deky Karamu selaku perwakilan masyarakat Kokoda,"jelasnya".

(Tim/Red/Pasmar 3)

Posting Komentar

0 Komentar