Breaking News

6/recent/ticker-posts

SAMBUT HARI KARTINI TIM PENGGERAK PKK DIY GELAR BAKTI SOSIAL DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Gunungkidul — Sambut peringatan Hari Kartini tahun 2022, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Bakti Sosial kepada warga masyarakat Kelurahan Hargomulyo, Gedangsari, Gunungkidul, Sabtu 19 Maret 2022.

Bakti sosial yang dalam struktur kepanitiaan dipimpin oleh Ketua Bhayangkari DIY Ny. Dhani Asep Suhendar tersebut dihadiri langsung Ketua TP PKK DIY GKR Hemas, Wakil Ketua TP PKK DIY GKBRAA Paku Alam, Ketua Persit KCK Cabang Korem 072 Pamungkas Yogyakarta Ny. Rina Afianto, dan Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Gunungkidul Diah Sunaryanta serta bertemakan "Berdaya dan Berkarya di Masa Pandemi, Perempuan Tangguh untuk Indonesia Tumbuh".

GKR Hemas dalam sambutannya mengatakan bahwa perjuangan perempuan tidak pernah berhenti jika melihat perjuangan dari Kartini. Perempuan adalah penyangga negara, menyangga segala sesuatunya dalam kegiatan kehidupan manusia.

"Momentum ini banyak sekali kita rasakan bahwa khususnya kaum perempuan. Sampai hari ini masih di perjuangkan beberapa undang-undang yang meliputi tentang UU pekerja rumah tangga, dan UU kekerasan seksual, perempuan dan anak. Ini belum terselesaikan sampai sekarang. Dan pada kesempatan hari ini bahwa kepedulian panitia Hari Kartini yang luar biasa memberikan perhatian dan juga memberikan sekedar buah tangan yang mungkin bisa membantu untuk sekian masyarakat yang ada di sini," katanya.

Menurutnya, penyelenggaraan peringatan Hari Kartini Tahun 2022 ini bekerjasama dengan organisasi perangkat daerah terkait lima komponen organisasi.

"Yang tentu pada hari ini kita sama-sama mensyukuri. Semoga dalam kesempatan ini kita juga bisa bersilaturahmi dengan semua komponen dan kita juga berharap Kabupaten Gunungkidul ini sudah luar biasa mengungguli kegiatan yang ada di kabupaten lain. Dan semoga paket sembako ini dapat membantu untuk kebutuhan hidup para warga," sambungnya.

Sementara itu, Wakapolres Gunungkidul Kompol B. Widya Mustikaningrum, S.Sos., dalam paparannya menjelaskan bahwa terkait peringatan hari Kartini di tahun 2022, kegiatan Polwan Polres Gunungkidul antara lain mensukseskan percepatan vaksinasi dan membantu pelaksanaan vaksinasi bayi yang dilaksanakan oleh Seksi Dokkes Polres Gunungkidul maupun oleh dinas kesehatan Kabupaten Gunungkidul.

"Setiap hari kami mendukung program vaksinasi dan Alhamdulillah sampai saat ini per 18 Maret 2022 untuk vaksinasi dosis 1 telah tercapai 83% (untuk wilayah Gunungkidul). Dan untuk dosis kedua 74,35%. Sedangkan untuk dosis 3 Kami mencapai 5,29%. Karena kendala geografis Gunungkidul, maka kegiatan vaksinasi kami melaksanakan door to door atau secara mobile dari rumah ke rumah," ujarnya.

Selain itu, Polwan Polres Gunungkidul menurutnya juga selalu terlibat dalam operasi yustisi bekerjasama dengan pemerintah daerah dan secara mandiri juga melaksanakan kegiatan polisi sopo aruh antara lain di taman kuliner Wonosari, alun-alun Wonosari, dan di tempat-tempat wisata khususnya di wilayah pantai yang akhir-akhir ini pengunjungnya semakin meningkat.

"Dengan terjadinya pandemi Covid-19, masyarakat sangat berdampak terutama di tingkat ekonomi. Banyak masyarakat yang berdampak penurunannya (pendapatan) drastis bahkan ada juga yang kehilangan pekerjaannya. Oleh karena itu kami juga secara rutin melaksanakan bakti sosial dalam bentuk Polres Gunungkidul Peduli dan Jumat Berkah baik di Panti Panti Asuhan dan kepada warga masyarakat yang membutuhkan," urainya.

Dirinya menambahkan, hingga saat ini Polres Gunungkidul sudah menyalurkan 25ribu paket sembako yang dananya berasal dari sumbangan Polres Gunungkidul melalui kegiatan Polres Gunungkidul beramal. Kegiatan lain juga mengadakan kegiatan program mengunjungi lansia dan juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan, memberikan vitamin bantuan sembako dan juga sharing dan hiburan kepada warga lansia.

"Kami juga melaksanakan bantuan langsung tunai kepada warung dan pedagang kaki lima. Hingga kini telah disalurkan kepada 3500 penerima dan di Tahun 2022 rencana akan disalurkan kepada 19.500 penerima termasuk nelayan. Kami berharap Kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat meringankan beban masyarakat serta stabilitas Kamtibmas di wilayah kabupaten Gunungkidul tetap terjaga," ujar Wakapolres Gunungkidul. (Hadiman Pangestu)





Posting Komentar

0 Komentar