Breaking News

6/recent/ticker-posts

Lantamal XIV Kirim Satgas PAM Pulau Terluar Untuk Menjaga Kedaulatan NKRI

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat — Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr. Opsla, pimpin upacara pelepasan personel Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan (Pam) Pos Angkatan Laut (Posal) Pulau Terluar Fani, selaku Komandan Upacara (Danup) Mayor Marinir Safrony Maulana, yang bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal XIV , Jl. Bubara, No.1, Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Prov. Papua Barat. Senin (07/3/2022).

Danlantamal XIV menyampaikan dalam amanatnya, “Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia Indonesia memiliki 17.000 pulau yang terbesar dari Sabang sampai Merauke dengan garis pantai sepanjang 81.000 km. Wilayah laut territorial seluas 5,8 juta km2 (63% dari total wilayah territorial Indonesia) disamping itu masih ada tambahan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 2,7 juta km2. Sebagian besar pulau- pulau tersebut merupakan pulau-pulau kecil yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat potensial untuk pembangunan ekonomi juga mempunyai potensi lingkungan sebagai wilayah pertahanan laut dari berbagai ancaman khususnya ancaman dari negara luar.”

Lebih lanjutnya, dari sekian banyak pulau terluar, dalam menjaga keutuhan NKRI, Lantamal XIV di tugaskan untuk melaksanakan penjagaan di pulau Fani. Satgas ini akan melaksanakan tugas selama 9 bulan yang akan berkahir pada akhir November 2022. 

Hal ini merupakan implementasi perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kemestaan”.  

Saya selaku Komandan Lantamal XIV maupun pribadi mengucapkan “Selamat bertugas kepada personil yang akan melaksanakan Satgas Pulau Fani, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, karena satgas ini merupakan perspektif dari Lantamal XIV, TNI AL dan TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI di pulau terluar”. Tegasnya.

Hadir pada upacara pelepasan Satgas tersebut, Wadan Lantamal XIV Sorong Kolonel Laut (P) Yohanis Yulius Tamoni, Para Asisten Danlantamal XIV, Para Kadis/Kasatker Lantamal XIV, Para Perwira, Bintara, Tamtama Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV,"tutupnya".

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar