Breaking News

6/recent/ticker-posts

GHINA : APA PENTINGNYA MENJAGA ALAM DAN LINGKUNGAN ?

(Foto Ilustrasi, Sumber Ist)

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Penulis ; Adinda Ghina Zalfa

OPINI - Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup adalah sistem yang merupakan kesatuan ruang antara makhluk hidup dan komponen abiotik lainnya. Interaksi antar lingkungan alamiah dan sekitarnya membentuk sistem ekologi . Lingkungan memegang peranan sebagai habitat bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Berbicara tentang lingkungan hidup tentu sangat erat dengan sumber daya alam, karena sumber daya alam sendiri dapat di dapatkan di lingkungan hidup sekitar.

Berbicara perihal sumber daya alam dan lingkungan hidup tentu erat kaitannya dengan Islam. Islam sudah menjelaskan dari ribuan tahun lalu bagaimana sumber daya alam dan lingkungan hidup yang didapat dan berlangsung di bumi ini tercipta:

Surat Taha/20:53

الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ مَهْدًا وَّسَلَكَ لَكُمْ فِيْهَا سُبُلًا وَّاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۗ فَاَخْرَجْنَا بِهٖٓ اَزْوَاجًا مِّنْ نَّبَاتٍ شَتّٰى

(Tuhan) yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu, dan menjadikan jalan-jalan di atasnya bagimu, dan yang menurunkan air (hujan) dari langit.” Kemudian Kami tumbuhkan dengannya (air hujan itu) berjenis-jenis aneka macam tumbuh-tumbuhan.

Ayat diatas menjelaskan bahwa sumber daya alam diciptakan bersamaan dengan terciptanya langit dan bumi. Bumi yang kaya akan suber daya alam.sumberdaya di bumi sendiri juga merupakan keajaiban, misalkan air, air yang di bumi juga adalah “keajaiban” yang dapat di terima nalar.dikarenakan di planet lain tidak terdapat air sebanyak air yang didapat di bumi. Air yang melimpah ini merupakan zat yang sanhat hebat Karena sifatnya yang dapat bereaksi dan berinteraksi secara fisik maupun kimiawi. 

Sumberdaya alam seperti air, tercipta pada masa kelima penciptaan bumi, menurut islam, atau di dunia ilmu geologi masa ini paralel dengan masa proterozoikum, yang mana dijumpai binatang dalam bentuk primitive. Sedangkan penciptaan sumber daya alam lainnya seperti pegunungan mulai tercipt pada masa keenam dalam islam atau dimulai sejak berakhirnya masa proterozoikum atau sekitar 542 tahun yang lalu. Ditandai dengan pecahnya benua pangea menjadi beberapa benua seperti sekarang.

Sumber daya alam erat kaitannya dengan Islam

Kenapa sumber daya alam sangat erat kaitannya dengan islam? Bukankah sumberdaya di bumi ini milik semua agama? Tentu pertanyaan seperti itu sah-sah saja . tetapi tidak ada buku,kitab atau hal lain yang menceritakan penciptaan bumi serta sumberdaya alam se kompleks penjabaran di dalam Al-quran

AIR

An-Nahl /16:65

هُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً لَّكُمْ مِّنْهُ شَرَابٌ وَّمِنْهُ شَجَرٌ فِيْهِ تُسِيْمُوْنَ

“Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan, padanya kamu menggembalakan ternakmu.”

air bahkan sangat jelas dinyatakan sebagai penyebab adanya kehidupan, baik tumbuhan,hewan maupun manusia.hal ini tentunya dapat di buktikan pula secara ilmiah menurut para ilmuwan yang mana dua pertiga tubuh manusia adalah air. Bahkan dalam Al-Anbiya ayat 30 sangat jelas bahawa “kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air..” sebuah ayat yang mengandung pesan bahwa makhluk hidup memerlukan air untuk keberlangsungan hidupnya.

MINERAL

Mineral adalah segala bahan yang terdapat diatas muka bumi yang tersedia sangat banyak. Seperti logam, timah, timah sendiri ketersediaan sangat banyak di Indonesia, Emas dan mineral lainnya yang dapat di temukan di bumi. Karena pada hakekatnya Allah telah menciptakan segala kebutuhan manusia untuk menjadi khalifah dan mengelola bumi. Ketersediaan air dan energi tersedia melalui proses geologi.

Islam dan Pentingnya Menjaga Lingkungan dan Sumber daya Alam

Kenapa kita harus menjaga lingkungan?, Sumber daya alam yang melimpah juga harus di iringi dengan pengelolaan yang baik, bijak dan jauh keserakahan sehingga lingkungan hidup dan isinya dapat terjaga. Maka kita harus senantiasa mengingat kenapa Allah menyindir manusia berkali-kali di dalam surat ar-rahman,” Maka Nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? 

#Sapari. SE. M.Si

Posting Komentar

0 Komentar