Breaking News

6/recent/ticker-posts

MENUMBUHKAN RASA RELIGIUS SEJAK DINI MELALUI PERLOMBAAN MTQ DI BALAI PENGAJIAN GAMPONG BLANG GURAH

TARUNAGLOBALNEWS.COM

SIMALUNGUN — Mahasiswa KKN PPM UNIMAL Kelompok 147 menggelar Perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 18 sampai dengan 19 November 2021 di Balai Pengajian Gampong Blang Gurah, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Jum'at (19 November 2021).

Adapun tema yang diusung yaitu " Menumbuhkan Rasa Religius serta Cinta Al- Qur'an dan Nilai- nilai yang terkandung didalamnya". Perlombaan ini diadakan untuk sederajat SD/ MI mulai dari usia 7 - 11 tahun.

Peserta lomba MTQ begitu antusias dalam mengikuti lomba yang diselenggarakan hal tersebut dibuktikan dengan kedatangan peserta lomba yang tepat waktu sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Pada perlombaan ini terdapat beberapa kategori yaitu azan, ayat pendek, dan doa harian yang diikuti oleh 30 peserta. Peserta yang mengikuti lomba azan dikhususkan untuk laki-laki sedangkan doa harian dan ayat pendek di khususkan untuk perempuan dari semua kategori perlombaan diambil 3 orang setiap cabang perlombaan sebagai juara dengan skor penilaian tertinggi. Dalam perlombaan peserta difokuskan pada makhrajul huruf yaitu, tajwid, kejelasan dalam melafalkan ayat-ayat dan irama yang merdu.

Khaidir sebagai dosen pembimbing lapangan menyatakan bahwa Kemampuan membaca Al-qur'an dengan baik harus dilatih sejak usia dini. Lomba MTQ ini merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai Qur'ani dalam kehidupan anak-anak sebagai generasi penerus di masa depan. Harapan nya, dengan acara-acara seperti ini mereka dapat terus mengasah kemampuannya dalam membaca Al-Quran dengan bacaan yang benar.

Teungku Ida selaku tenaga pengajar di Balai Pengajian Gampong Blang Gurah mengatakan, saya sangat senang dilakukannya perlombaan ini dengan begitu anak-anak termotivasi untuk mempelajari, menghapal dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari karena zaman sekarang nilai keagamaan pada anak usia dini sudah mulai pudar.

"Dengan dilaksanakannya perlombaan ini membuat anak-anak lebih aktif dan percaya diri serta menumbuhkan rasa ingin lebih belajar agar dapat bersaing dengan teman - temannya yang lain "ujar buk Yani" salah satu wali murid.

Lomba ini dibuat sesuai dengan tema yang telah kami usung pada KKN PPM 2021, yaitu "Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat - masyarakat melalui pemanfaatan SDA, serta Menambah Rasa Religius pada anak usia dini dan diakhir perlombaan peserta dengan perolehan nilai tertinggi akan diberikan hadiah yang telah kami sediakan " ujar Humaira vebyca" salah satu anggota kelompok. (MS)

Posting Komentar

0 Komentar