Breaking News

6/recent/ticker-posts

Tim OTT Saber Pungli Polda Sumut, Amankan Kades Serta Sekdes Besilam

Gambar Animasi

Tarunaglobalnews.com

LANGKAT - Kepala Desa Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Ibnu Nasution (51) terjaring operasi tangkap tangan atau OTT Tim Saber Pungli Polda Sumatera Utara yang dipimpin Wadir Krimsus Polda Sumut AKBP Patar Silalahi dan AKBP Indra Uta Ritonga.

Selain Kades Besilam Ibnu Nasution, OTT Tim Saber Pungli Polda Sumut ini juga mengamankan Sekretaris Desa Besilam, Zainuddin (34). Hal itu dibenarkan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Wahyu Hadi Wahyudi.

"Iya betul, saat ini sedang didalami oleh tim saber pungli Polda Sumut yang bekerja sama dengan Saber Pungli dari Provinsi." ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan Aplikasi Watshaap. Sabtu (24/7/2021).

Diketahui, sebelumnya polisi mengamankan Kepala Desa Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Ibnu Nasution (51) dan Sekretaris Desa, Zainuddin (34).

"Selain Kades dan Sekdes Desa Besilam, Tim Saber Pungli Poldasu juga memboyong Camat Padang Tualang, Ramlan Effendi Lubis untuk dimintai keterangan lebih lanjut, dan Ketiganya masih menjalani pemeriksaan di Mapoldasu, Kasusnya masih didalami."ungkap, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Informasi yang diterima, Penangkapan Kades beserta Sekdes Desa Besilam terkait adanya tindakan pungutan liar dan pemerasan yang dilakukan Kades dan Sekdes Besilam terhadap salah seorang pengusaha Serai Wangi dalam hal penerbitan SK Pengalihan Hak Atas Tanah di Dusun Alur Hitam, Desa Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat.

Selain memboyong Kades, Sekdes Besilam serta Camat Padang Tualang, petugas Tim Sabar Pungli mengamankan barang barang bukti berupa satu lembar kwitansi yang didalamnya tertulis Rp 33.900.000.- dan uang tunai Rp 8.000.000.-

Penangkapan itu dilakukan sesuai surat Perpres nomor 87 tahun 2018 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar dan surat perintah tugas saber pungli Polda Sumut.

Perlu diketahui, Poldasu dan Pempropsu telah membentuk operasi Saber Pungli yang dipimpin Irwasda Poldasu Kombes Armia Fahmi dengan anggota dari Pemprovsu, Ditreskrimum, Ditreskrimsus dan Intelakam. (IR)

Posting Komentar

0 Komentar