Breaking News

6/recent/ticker-posts

UMKM Kabupaten Batu Bara Akan Segera Di Ekspor


BATU BARA - Bupati Batu Bara hadiri launching pengapalan perdana ekspor produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Batu Bara, Pelabuhan Dermaga C Inalum, Kuala Tanjung, Jumat, (04/6/2021).

Dalam kegiatan itu Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.Ap, didampingi Plt. Dinas Koperasi UMKM Arif Hanafiah, Direktur Pelaksana Inalum Shopia Isabela Watimena, Wakapolres Batu Bara Kompol Rudi Candra, Kodim 0208 Asahan Letkol. Inf. SM. Beruh, Danlanal TBA Letkol. Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, S.E, Kajari Batu Bara, Dirut PT. Pelindo I yang diwakili Dirut PT. Prima Multi Terminal Rudi Susanto, Tokoh Masyarakat Batu Bara Prof.DR. OK. Saidin, SH, M.Hum, Tokoh Gemkara serta Pelaku UMKM Batu Bara

Pada kesempatan itu Dirut PT. Prima Multi Terminal mengatakan, seperti yang kita ketahui, pada masa pandemi Covid 19 berlangsung banyak perusahaan yang mulai menutup gerainya. Berbeda dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang masih banyak bertahan. 

Hal ini dikarenakan banyak perusahaan besar yang terdampak kondisi ekonomi dunia. Kami Pelindo akan mendukung penuh program ini, karena para pelaku UMKM Batu Bara tidak mengirim barang melalui pelabuhan yang jauh sehingga ongkos logistik akan lebih murah dari kuala Tanjung. ungkapnya.

Selanjutnya dalam sambutan Dirut Pelaksana Inalum, kami dari perusahaan Inalum mendukung penuh program ini. Dengan diberikan fasilitas pelabuhan ini, para pelaku UMKM sangat berpeluang untuk meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan. Dan semakin baik dalam mengenalkan produk untuk pasar Internasional.

Menyikapi hal itu Bupati Batu Bara mengatakan, sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan program ini. Dengan suksesnya program pengiriman hasil Sumber Daya Alam dan hasil UMKM yang akan dikirim ke Negeri Jiran tetangga Malaysia tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat Batu Bara, khususnya pelaku dagang dan UMKM. 

"Di masa Pandemi Covid 19, kita dituntut dalam pemulihan ekonomi dengan cepat. Tentunya perlu Kerja sama yang dibangun secara kekeluargaan dengan berbagai pihak. Dalam pemulihan ekonomi secara cepat, Saya perintahkan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Batu Bara, dalam hal Perizinan perdagangan harus diberikan pelayanan yang cepat sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini sebagai bentuk dukungan Pemkab Batu Bara, kepada pelaku dagang dan usaha sebagai pihak ekspotir."ujar Bupati Batu Bara.

"Saya memilih Pelabuhan Inalum Dermaga C hal ini untuk menghemat biaya ongkos dan tidak adanya mafia-mafia pelabuhan sehingga menjadi keuntungan sangat besar bagi masyarakat Batu Bara. Pengapalan perdana ini diawali dengan mengirim produk hasil laut, kedepannya akan dikirim hasil bumi dan hasil produk UMKM khas Batu Bara".tutup Bupati Batu Bara.

Selesainya acara ditandai dengan pemberian Kain Songket dan Tengkuluk khas kerajinan masyarakat Batu Bara Kepada Bupati Batu Bara, Direktur Pelaksana Inalum dan Direktur  PT. Prima Multi Terminal serta pemberian santunan kepada anak yatim dan piatu. (HP)

Posting Komentar

0 Komentar