Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Akte Kelahiran dan KIA Bagi Masyarakat, Disdukcapil Asahan Gelar Sosialisasi


ASAHAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan menggelar sosialisasi tentang Akselerasi Kepemilikan Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Lurah dan perangkat se-Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kamis (10/06/2021), bertempat di aula  Abdi Praja Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Dalam kesempatan itu, Plt Camat Kecamatan Kota Kisaran Timur Rahmat Hidayat Siregar, S. Sos, M. Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Disdukcapil Kabupaten Asahan yang telah bersedia melakukan sosialisasi Akselerasi Kepemilikan Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak  (KIA)  di Kecamatan Kota Kisaran Timur ini.

Sosialisasi yang dilaksanakan ini nantinya akan menambah pengetahuan  bagi kami tentang pentingnya Kepemilikan Akte Kelahiran dan KIA kepada masyarakat Kabupaten Asahan terutama masyarakat Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Sangat penting bagi masyarakat kita tentang kepemilikan Akte Kelahiran dan KIA ini, karena disetiap urusan administrasi wajib melampirkan Akte Kelahiran beserta KIA," ucap  Rahmad Hidayat yang juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan.

Untuk itu  diharapkan kepada para Lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur beserta perangkatnya, dibantu dengan Ketua TP PKK Kelurahan harus jemput bola dalam membantu masyarakatnya mengurus Akte Kelahiran dan KIA, sehingga tidak ada lagi masyarakat di Kecamatan Kota Kisaran Timur yang tidak memiliki kartu identitas tersebut.

Setelah dilakukan pengurusan Lurah dapat menyerahkan administrari tersebut kepada Ketua TP PKK Kecamatan agar ditindak lanjuti,hal ini untuk mempermudah setiap urusan masyarakat serta membantu Pemkab Asahan dalam mensukseskan  dan Misinya, " ungkap Rahmad.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, M. Pd  dalam sambutannya menyampaikan, saya sangat mengapresiasi Kecamatan Kota Kisaran Timur yang telah bertekad untuk menjemput bola dalam hal ini, dan saya berharap tekad ini dapat di ikuti oleh Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Asahan.

Beliau juga mengatakan, untuk masyarakat Kecamatan Kota Kisaran Timur Akte Kelahiran masih ribuan yang belum mengurus, maka disini diperlukan kerjasama antara Pemerintah dan Kecamatan dalam melengkapi administrasi kependudukan tersebut.

Beliau juga menambahkan, dalam setiap pengurusan administrasi kependudukan masyarakat tidak ada dikenakan biaya (gratis), maka dari itu masyarakat diharapkan dapat segera mengurus administrasi kependudukannya.

Untuk para Lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur beliau berharap lebih mengaktifkan perangkatnya, terutama Kepling untuk mendata masyarakatnya yang belum memiliki administrasi kependudukan.

Suprianto juga menjelaskan tentang pentingnya masyarakat membuat Akte Kelahiran dan KIA untuk anaknya, karena saat ini setiap anak yang ingin masuk sekolah, membuat paspor dan identitas lainnya melampirkan Akte Kelahirannya dan KIA.

Selanjutnya beliau menyampaikan harapannya kepada Plt Camat Kecamatan Kota Kisaran Timur dan Lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur agar salah satu Kelurahan yang ada di Kecamatan Kota Kisaran Timur menjadi Kelurahan yang tertib Adminduk yang artinya di Kelurahan tersebut seluruh masyarakatnya telah memiliki administrasi kependudukan.

Mengakhiri arahannyan beliau mengingatkan seluruh Lurah agar berhati-hati dalam menerbitkan surat keterangan bagi masyarakatnya, terutama bagi masyarakat pendatang yang berusia diatas 18 tahun. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Dikesempatan ini seluruh Lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur mengatakan siap mendukung program tersebut dan siap membantu mensukseskan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan. (JH)

Posting Komentar

0 Komentar