Breaking News

6/recent/ticker-posts

WARGA BAHKAPURAN NAGORI TIGABOLON BERHARAP PTPN IV BAH BIRONG ULU LAKUKAN BINA LINGKUNGAN UNTUK PIPANISASI AIR BERSIH

Photo : Ilustrasi pipanisasi Air Bersih (sumber ist) 

Tarunaglobalnews.com Sidamanik — Masyarakat dusun Bahkapuran Nagori Tigabolon Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun mengharapkan permohonan bantuan pipanisasi ke PTPN IV Bah Birong Ulu bisa terealisasi. Hal itu disampaikan sejumlah warga Bahkapuran saat bincang-bincang dengan Tarunaglobalnews.com, Senin(26/2/24)

R Silalahi, M Nainggolan dan T Rumapea mengatakan bahwa sampai kini masyarakat masih kesulitan mendapatkan air bersih untuk ke rumah. Keluhan ini sudah disampaikan baik kepada pemerintahan maupun PTPN IV Bah Birong Ulu karena masih berada didalam cakupan satu wilayah.

"Sudah kami buat permohonan proposal untuk bantuan pipanisasi dari program Bina Lingkungan PTPN IV Bah Birong Ulu, namun tak juga ada respon. Padahal Bahkapuran masih berada diperbatasan langsung dengan areal perkebunan", kata warga.

Mereka mengaku untuk mendapatkan air bersih, terpaksa meminta kepada warga yang menggunakan sumur bor. Karena kalau langsung ke mata air, jarak dan kondisi jalan menuju ke umbul air sangat sulit dan menempuh jarak sekitar 3 kilometer.

Adapun bak umum namun airnya tidak memadai dikarenakan tidak selalu hidup sebab pipanisasi berukuran kecil.belum lagi Kondisi Medan perlintasan pipanisasi yang sering longsor mengakibatkan rusak dan putusnya pipanisasi sebelumnya.

Dikatakan warga bahwa ukuran pipanisasi yang ada masih berukuran kecil sehingga tidak memadai untuk rumah warga maupun bak umum,yang terkadang sering padam atau tidak mengalir.padahal untuk sumber mata air dengan debet air yang besar sangat berpotensi untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga.

Oleh karena itu, masyarakat berharap PTPN IV Bah Birong Ulu bisa peduli dan memberikan perhatian untuk mengalokasikan anggaran melalui program Bina Lingkungan untuk pembuatan pipanisasi yang berukuran lebih besar agar warga bisa merasakan kebutuhan air bersih yang layak di Bahkapuran, harap warga.

Sementara Pangulu Tigabolon Marisno Sitio SP membenarkan bahwa warga sebanyak 128 kepala keluarga masih sangat membutuhkan air bersih untuk kebutuhan masyarakat. Mengingat saat ini debit air yang masuk ke rumah warga sangat kecil karena pipanisasi yang ada berukuran kecil, jadi kita sudah mengusulkan permohonan kepada perkebunan Bah Birong Ulu agar bisa diperhatikan. Karena kondisi mata air yang nantinya digunakan cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada masyarakat Bahkapuran,"ungkapnya.(Pra)

Posting Komentar

0 Komentar