Breaking News

6/recent/ticker-posts

PEMKAB SIMALUNGUN GELAR MUSRENBANG RKPD TAHUN 2025

Tarunaglobalnews.com Simalungun — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Simalungun Tahun 2025.

Musrenbang RKPD ini berlangsung di Balei Harungguan Djabanten Damanik Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, dan secara resmi dibuka oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga ditandai dengan pemukulan gong, Selasa (27/2/2024).

Tema yang diangkat dalam Musrenbang RKPD ini adalah "Peningkatan Perekonomian Daerah yang berdaya saing dan berdikari".

Dalam sambutannya Bupati Simalungun menyampaikan, percepatan pembangunan Daerah harus di dukung oleh 3 pilar, yakni Pemerintah, Dunia Usaha, dan masyarakat. 

Keberhasilan pembangunan Daerah juga di pengaruhi dari kualitas perencanaan yang mengutamakan dan mengedepankan prioritas pembangunan dengan memanfaatkan potensi Daerah yang berpihak kepada kebutuhan masyarakat.

Untuk itu, Bupati berharap, kepada perangkat daerah agar kedepannya semakin meningkatkan kerjasama dan kualitas sumber daya manusia sehingga nantinya dapat mengimbangi tantangan dalam menjalankan tugas demi mewujudkan tercapainya pembangunan di Kabupaten Simalungun.

"Saya meminta dokumen perencanaan pembangunan Daerah yang di susun, tidak hanya untuk memenuhi amanat peraturan perundang-undangan, melainkan juga bertujuan untuk mengatasi permasalahan aktual pembangunan,"tandas Bupati.

Disampaikan Bupati, Pemkab Simalungun akan mendorong dan menindak lanjuti dalam perencanaan pembangunan Tahun 2025 yang akan rumuskan secara bersama - sama sebagai wujud komitmen Pemkab Simalungun dalam mencapai pembangunan Daerah yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, Bupati menegaskan kepada seluruh perangkat Daerah untuk tetap menggunakan indikator kinerja makro dalam mengukur tingkat keberhasilan pembangunan, yaitu indeks pembangunan manusia, laju pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk miskin, dan tingkat pengangguran terbuka.

"Berkat keras dan kerjasama yang baik dan positif dari seluruh pemangku kepentingan, Pemerintah Kabupaten Simalungun telah mampu menghasilkan capaian kinerja dan penghargaan dalam kurun waktu 2021-2023,"kata Bupati.

Menyinggung tema yang diangkat dalam Musrenbang RKPD ini, Bupati mengatakan, fokus pembangunan Kabupaten Simalungun Tahun 2025 yaitu pengembangan potensi unggulan Kabupaten Simalungun dengan mengarahkannya kepada potensi Pariwisata, pertanian dan perikanan, pengembangan Ekonomi kerakyatan, serta peningkatan Iklim Investasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Sumut, Naslido Sirait dalam sambutannya antara lain menyampaikan, daerah harus lebih kreatif dalam menangani hasil pertanian. "Kabupaten Simalungun itu sebagian besar pertanian,"ujarnya. 

Menurut Naslindo, Kabupaten Simalungun itu harus bisa lebih mandiri lagi. "Kabupaten Simalungun itu memiliki hasil pertanian yang cukup besar, seperti produk jagung. Jangkung ini juga bisa sebagai pakan ternak. Jadi, saya mau untuk makanan ternak itu bisa penyedia nya dari Kabupaten Simalungun,"katanya. 

Sebelumnya, Musrenbang RKPD ini diawali dengan penampilan tor - tor somba. Terlihat dengan tarian daerah Simalungun ini, Bupati meminta agar setiap kegiatan harus menampilkan kesenian dan kebudayaan daerah Simalungun.(Pra/Rel)

Posting Komentar

0 Komentar