Breaking News

6/recent/ticker-posts

TERKAIT DUGAAN KEKERINGAN LAHAN SAWAH DAN KELANGKAAN PUPUK, PJ DINAS PERTANIAN PERKEBUNAN BERIKAN JAWABAN

Tarunaglobalnews.com Batu Bara — Pejabat Dinas Pertanian Perkebunan Kabupaten Batu Bara beri jawaban terkait dugaan kekeringan lahan dan kelangkaan Pupuk, di Kantor Distanbun, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara. Rabu (31/01/2024).

Akibat santernya diberitakan tentang kondisi sawah di beberapa desa di Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara mengalami kekeringan selama dua minggu terakhir akibat tanggul sungai Dalu Dalu pecah.

Juga santer didengungkan persoalan pupuk yang langka disebutkan tidak tersedia di kios pengecer pupuk subsidi.

Penjelasan tersebut dikatakan diungkapkan Ngatijo seorang Ketua Kelompok Tani Sido Rukun di Desa Suka Raja.

Namun ketika dilakukan penelusuran dan konfirmasi ke Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara ternyata pernyataan Ngatijo bertolak belakang dengan fakta di lapangan.

Dikonfirmasi di kantornya, Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara Susilistiawati Ritonga melalui Kabid Hortikultura dan Sarpras Pertanian Distanbun Kabupaten Batu Bara Armen Syam, dengan tegas menampik tudingan tersebut.

Dijelaskan Armen, begitu diperoleh informasi air sungai Dalu Dalu surut akibat tanggul di hulu pecah, pihaknya bersama Dinas PUTR Kabupaten Batu Bara langsung melakukan pengerukan sekitar 400 meter sedimen pasir menggunakan alat berat.

Tidak benar sawah mengalami kekeringan. Tidak ada retak-retak di sawah, Bahkan sawah masih basah karena sisa air sebelum pecahnya tanggul, Sore harinya air sudah masuk melalui intake (pintu air) ke sawah-sawah, katanya

Demikian pula terkait pupuk yang disebutkan Ngatijo tidak ada di kios pupuk, disebutkan Armen adalah kebohongan.

Saya tadi telah menemui Ngatijo dan dia menyangkal pernah mengatakan pupuk langka dan tidak ada di kios pupuk, Bahkan untuk tahun 2024 ini sesuai aplikasi, pada 28 Januari 2024 lalu, Ngatijo telah mengambil jatah pupuk subsidi untuk 2 musim tanam sebanyak 6 sak sesuai jatahnya, jelas Armen.

Untuk itu Armen minta para petani jangan langsung percaya dengan informasi yang diragukan kebenarannya, Kalau ada kendala apakah masalah pupuk atau masalah air seharusnya petani berkoordinasi dengan penyuluh pertanian yang ada di desa mereka, imbau Armen mengakhiri. (HP)

Posting Komentar

0 Komentar