Breaking News

6/recent/ticker-posts

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DI POLRES DOMPU BERLANGSUNG HIKMAD

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2023 di pimpin Wakapolres Dompu Kompol Jamaluddin S. Sos yang bertempat di lapangan apel Polres Dompu, Minggu, (1/10/2053) dimulai sekitar pukul sampai dengan selesai. 

Momentum Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 dengan menyusun tajuk "Pancasila pemersatu bangsa dengan melaju menuju Indonesia maju."

Upacara peringatan hari kesaktian pancasila 1 oktober 2023 di lingkup Polres Dompu tampil dengan format Pasukan Upacara terdiri dari, 1 Peleton PJU, 1 Peleton Sat Lantas,1 Peleton Gabungan Polsek dan 1 Peleton Gabungan Resintel telah berbaris dengan rapi dan tegap sebagaimana pelaksanaan apel yang sudah lazim di laksanakan selama ini. 

Adapun susunan acara upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini akan di awali Persiapan, Bendera Merah-putih sudah di Kibarkan,kelengkapan Upacara sudah Siap Peserta Upacara sudah memasuki lapangan Upacara dan Komandan upacara (Danup) memasuki lapangan Upacara dan pasukan disiapkan.

Kemudian Acara Pendahuluan di awali dengan laporan Danup dan inspektur upacara (Irup) tiba di Lapangan.

Adapun randum acara inti dalam pelaksanaan upacara peringatan hari kesaktian pancasila ini adalah inspektur upacara (Irup) tiba di tempat Upacara, Penghormatan peserta Upacara, Laporan Danup dan Mengheningkan cipta dipimpin Inspektur upacara. 

Selanjutnya Pembacaan teks Pancasila oleh Irup dan di ikuti oleh seluruh peserta Upacara,Pembacaan Naskah Pembukaan Undang undang Dasar 1945 dan Pembacaan Naskah Ikrar serta pembacaan doa, serta penutup.

Sebelum upacara usai di lanjutkan dengan sambutan Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain, S.I.K melalui Inspektur Upacara Wakapolres Dompu Kompol Jamaluddin S.sos menyampaikan, puji syukur Kepada Allah SWT karena atas karunia dan hidayahnya sehingga kita semua bisa melaksanakan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober tahun 2023 ini.

Lanjutnya makna hari kesaktian Pancasila sesuai tajuknya yakni Pancasila Pemersatu Bangsa untuk Melaju menuju Indonesia Maju,"mengandung makna yang strategis bagi Bangsa dan rakyat Indonesia khususnya bagi Institusi Polri saat ini.

Masih papar Wakapolres Dompu, bahwa momentum Hari Kesaktian Pancasila ini adalah sebagai bentuk penghormatan terhadap seluruh pahlawan yang telah berguguran dalam melakukan tugasnya untuk melindungi Pancasila, dan sebagai pengingat perjuangan para pahlawan sebagai usaha untuk membentengi peranan Pancasila sebagai Dasar Negara serta sebagai Ideologi bangsa Indonesia sejak dulu sampai sekarang, dan masa akan datang.

"Insyaallah NKRI tetap utuh, bersatu, maju, semangat dan kuat karena Pancasila,dan seyogyanya nilai yang terkandung di dalamnya dapat kita amalkan sehari-hari dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tandas Jamal dengan optimis.

Kemudian Komandan Upacara melaporkan kepada Inspektur upacara bahwa upacara selesai dan Irup boleh meninggalkan upacara bersama peserta upacara yang lainya membubarkan diri. Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lingkup Polres Dompu berlangsung tertib,aman dan lancar, pungkas Kasubsi Penamas Polres Dompu. (Rdw/ddo) 

Posting Komentar

0 Komentar