Breaking News

6/recent/ticker-posts

Sekda Bersama Ketua TP PKK Simalungun Sambut Rombongan Ambasador Goes To Lake Toba

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Simalungun — Bupati Simalungun diwakili Sekda Esron Sinaga bersama Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga menyambut rombongan Ambassador Goes To Lake Toba di Nagori Sait Buntu Kecamatan Pamatang Sidamanik, Simalungun, Sumut, Kamis (16/3/2023).

Kehadiran rombongan Ambasador Goes To Lake Toba di didampingi Kepala Pusat Pelatihan dan Kerjasama Internasional (Pulin) BKKBN Prof Muhammad Rizal Martua Damanik bersama Kepala BKKBN Prov Sumut Muhammad Irzal.

Kepada rombongan ambassador diberikan sovenir khas Simalungun berupa Stola yang di kalungkan kepada masing-masing peserta.

Di Nagori Sait Buntu, rombongan Ambasador Goes To Lake Toba yang di bagi dalam dua, group A dan B serta didampingi Guide mengunjungi Kampung KB untuk melihat langsung program kegiatan yang di laksanakan di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dan Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting).

Dalam sambutannya Sekda mengucapkan selamat datang kepada rombongan duta besar negara-negara sahabat diantaranya Mozambik, Polandia, Romania, Belanda, Singapura, German, dan perwakilan organisasi internasional diantaranya WFP, WHO, USAID, UNFPA, UNICEF, dan beberapa konsulat yang ada di Medan.

"Sungguh sebuah kehormatan bagi kami, bapak ibu dapat hadir ke daerah kami untuk melihat kampung keluarga berkualitas dan Dashat serta kunjungan wisata,"kata Sekda.

Menurut Sekda, hal ini kesempatan bagi Kabupaten Simalungun untuk mempromosikan praktik baik program Pembangunan Keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) demi mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Disampaikan Sekda, adanya program Bangga Kencana melalui Dashat merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang bagi keluarga terutama keluarga berisiko stunting, khusunya keluarga kurang mampu melalui sumberdaya lokal.

Menyinggung tentang Stunting, Sekda mengatakan bahwa saat ini prevalensi angka stunting di Kabupaten Simalungun 17,4% dari angka sebelumnya 28 % atau turun sekitar 10,6%.

Sebelumnya Ketua TP PKK berharap kepada masyarakat Pamatang Sidamanik agar lebih semangat lagi terutama PKK termasuk para lansia. 

"Mari kita tingkatkan UMKM dan program-program kita, agar kedepan daerah kita dapat di kunjungi tamu-tamu dari luar negara,"kata Ratnawati.

Disamping itu, Ratnawati juga mengapresiasi keberadaan Kampung KB Sait Buntu yang sangat luar biasa. "Kampung KB ini sangat bersih dan indah sekali. Ini harus kita jaga dan kita tingkatkan lagi,"katanya.

Selanjutnya Ratnawati menyampaikan terima kasih Camat dan Pangulu serta masyarakat yang sangat kompak sehingga dapat mewujudkan kampung KB ini.

Usai mengunjungi Kampung KB, selanjutnya rombongan Ambassador Goes To Lake Toba menuju Aula PTPN IV Kebun Toba Sari untuk mengikuti kegiatan Global Dialogues.

Dalam Global Dialogues itu, Ambassador Goes To Lake Toba melakukan diskusi tentang program Kampung KB dan upaya penurunan Stunting. Ambassador Goes To Lake Toba juga mengapresiasi kampung KB dan memberikan berbagai masukan dalam memajukan kampung KB. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar