Breaking News

6/recent/ticker-posts

Upacara Pembukaan Latma Cassowarry Exercise (Cassoex) 2022 Secara Virtual

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat — Pelaksanaan pembukaan (Opening Ceremony), Latihan Bersama (Latma) Cassowarry Exercise (Cassoex) 2022 antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Australia/ Royal Australia Navy (RAN) dilaksanakan secara virtual melalui Vicon (Video Conferrence) di ruang Sops Lantamal VII Kupang yang dipimpin Kolonel Laut (P) Yudhoyoko Timuryanto/ Komandan Satkat Koarmada III sebagai Komandan Satgas Cassoex 2022, sementara itu dari Royal Australia Navy/ RAN adalah Capt Mark Daly. Selasa (15/11/22).

Turut hadir mendampingi Komandan Satgas Latma Cassoex 2022 yaitu, Komandan KRI-Dorang 874 Letkol Laut (P) Ardita Yudha Prawira, Komandan KRI-Bawal-875 Letkol Laut (P) Ary Mahayasa serta Perwira KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875.

Dalam sambutannya dikatakan Kolonel Laut (P) Yudhoyoko Timuryanto selaku Komandan Satgas Latma Cassoex 2022, bahwa kegiatan Latma Cassoex telah di laksanankan sejak tahun 2013, namun dalam beberapa tahun terakhir ini tidak dilaksanakan dikarenakan wabah pandemi Covid 19.

Adapun tujuan dari kegiatan Latma Cassoex 2022 adalah untuk meningkatakan hubungan bilateral dan kerjasama yang baik antara Indonesia dan Australia khususnya Angkatan Laut kedua Negara dan meningkatkan kerja sama tim, menjalin koordinasi dan Interoperabilitas, serta meningkatkan kemampuan dalam latihan dan kegiatan patroli yang terkoordinasi setelah 3 tahun vakum.

Lebih lanjut dikatakan Komandan Satgas Latma Cassoex 2022, latihan ini melibatkan 2 (dua) kapal Perang TNI Angkatan Laut yaitu KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875 sedangkan dari Royal Australia Navy/ RAN mengirimkan 1 (satu) Kapal perang Australia yaitu HMAS Bathrust, adapun latihan akan dilaksanakan diperbatasan perairan Indonesia dan Australia, sedangkan penutupan akan diadakan di atas kapal perang Uustralia yaitu HMAS Bathrus pada tanggal 18 November 2022 nanti.

(Tim/Red/Dispen Koarmada III)

Posting Komentar

0 Komentar