Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pemda Dompu Tidak Punya Perhatian Obyek Wisata Mada Oi Wau, Ini Komentar Babinsa Koramil Pekat



TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Panorama obyek pariwisata Mada oi wau Desa Beringin jaya Kecamatan Pekat sungguh elok dan sangat menarik dan hampir setiap hari selalu ramai di kunjungi masyarakat namun di sayangkan eksistensi pantai dan mata air Oi wau kurang ada perhatian dari pemerintah Daerah via Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dompu, Minggu ( 6/11/2022 ) sekitar pukul 11.30 Wita.

Apabila di telisik lebih dekat obyek pantai Mada oi wau tak kalah menarik dengan tempat wisata yang lain di wilayah Kabupaten Dompu. melihat air laut yang bersih dan tenang serda berdampingan dengan sumber mata air yang jernih, anggota Bhabinsa Koramil Pekat Serka Fadir mendantangi pihak keluarga yang punya lahan di sekitar pantai Mada oi wau tersebut untuk memanfaatkan dan menata tempat itu agar menjadi indah dan asri. Merespon hal itu warga langsung bersama sama menata tempat itu dengan swadaya sendiri tampa ada bantuan dari pemerintah Daerah maupun Pemerintah Kecamatan dan Desa, keluh Fadir Babinsa yang biasa di sapa pua.

Mirisnya lagi kata Fadir sapaan akrab bhabinsa Koramil pekat ketika lokasi wisata itu sudah di tata dengan serius sebagaimana awak media lihat sendiri keadaan saat ini, sungguh menakjubkan bila di bandingkan dengan keadaan sebelumnya. Dimana saat ini tempat tersebut sudah di poles dengan baik dan beberapa fasiltas penunjang sudah tersedia sekalipun masih jauh dari apa yang diharapkan, namun aneh nya lagi dengan tiba- tiba ibu Camat Pekat datang ke lokasi tersebut ingin membongkar fasilitas yang sudah di bangun dari hasil jirih payah warga itu sendiri. 

"Kata ibu camat pekat tempat ini tidak boleh di bangun lapak atau baruga dan sejenisnya karena tempat wisata ini menjadi kotor dan nanti saya suruh anggota Pol PP untuk membongkarnya, ulas fadir pada awak media tadi siang.

Tambah Fadir, selain camat yang mengancam akan membongkar tempat itu namun kepala Desa Beringin jaya juga turut mempertanyakan lagi kenapa obyek wisata itu sudah di kelola oleh beberapa orang warga pada hal tempat itu berada di wilayah Desa beringin jaya dan status tanah ini milik negara, ujar kades. 

Sekalipun demikian kata Fadir, saya tak mau gubris yang penting tempat itu di kelola secara swadaya oleh masyarakat Tampa ia meminta-minta bantuan dari pemerintah, dan kalaupun pemerintah terkait di atas tidak percaya silakan turun ke tempat ini.

"Dia berharap pemerintah harus buka mata dan mendorong agar tempat pariwisata dapat di jaga, di pelihara dan di kelola dengan profesional bukan sebaliknya ingin menakut- nakutkan warga yang mencari makan dengan cara yang halal dan baik" kesal Bhabinsa saat ngobrol dengan awak media.

Menurut Fadir, sebagai Bhabinsa saya berkewajiban mengadvokasi dan mendengar keluhan warganya sekalipun di tempat itu bukan wilayah binaan namun sebagai tentara tetap memfasilitasi kepentingan rakyat. 

"Benar bahwa obyek wisata pantai Mada oi wau saat ini sudah di kelola dan ditata dengan rapi oleh warga secara mandiri Tampa ada bantuan dari pemerintah sehingga tempat itu sudah ramai di kunjungi oleh masyarakat baik yang ada di Kabupaten Dompu maupun pengunjung yang ada di luar daerah Kabupaten Dompu".

Masyarakat yang pernah berkunjung di pantai Mada oi wau sangat berkesan karena air laut yang bersih dan tenang serta mata airnya yang jernih sehingga pengunjung sangat puas dan nyaman berekreasi di pantai mada oi wau, selain pantainya yang indah, juga tempatnya tak jauh dari jalan raya lintas calabai -Dompu tepatnya masih di wilayah kawasan gunung Tambora Kecamatan pekat." Terang Bhabinsa Desa Sori tatanga yang sangat ramah dengan warganya.

Ia juga menambahkan, lokasi wisata ini di kelola secara bersama sama oleh keluarga yang mempunyai lahan tersebut sekalipun legalitas yuridisnya belum ia miliki, namun berdasarkan historisnya tempat itu merupakan tempat yang dikelola oleh kakeknya pada jaman dulu dan diperkuat oleh keterangan beberapa warga setempat.

"Saya mendorong dan selalu memberikan pembinaan pada mereka agar bisa mengelola tempat ini dengan baik, dan selalu menjaga lingkungan ini tetap bersih dan nyaman",harapnya.

Selain itu ia berharap kepada pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dompu agar tempat wisata Mada oi wau ini tidak di pandang sebelah mata karena ke depan prospek pantai Mada oi wau ini sangat menjanjikan.harapnya.

Tak hanya sampai di situ, ucap Serka Fadir Babinsa Koramil Pekat, karena ia sangat konsen terhadap kelangsungan pantai Mada oi wau ini ke depan agar lebih lengkap sarana dan prasarana penunjangnya, tadi pagi via whast up sudah melaporkan kepada Bupati Dompu H.Kader Jaelani untuk membangun ruang ganti pakaian dan WC atau toilet di obyek wisata pantai Mada Oi Wau Desa Beringin jaya Kecamatan Pekat dan Bupati Dompu menjawab InsyaAllah", terang Serka Fadir sambil menunjukan hasil chetingannya pada awak media.

Kemudian ia menyampaikan dengan rasa optimis bahwa pantai Mada oi wau memiliki panorama pantai yang eksotis dengan air laut yang bersih dan tenang serta semburan mata air yang jernih dan menjamin situasi keamanan di lokasi ini kondusif. Pungkasnya. (Rdw/Dodo)

Posting Komentar

0 Komentar