Breaking News

6/recent/ticker-posts

Melalui Saka Wira Kartika Korem 181/PVT Berperan Aktif Membina Pramuka Sebagai Kader-Kader Bela Negara

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat — Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial yang bertujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, dilaksanakan selama 2 hari, 12- 13 November 2022, yang melibatkan 252 peserta tingkat SLTA dari Kota Sorong dan Kabupaten Sorong yang Bertempat di Makorem 181/PVT Jln. Pramuka No.1 Kelurahan Malamso, Distrik Malaisimsa, Kota Sorong, Prov. Papua Barat.minggu (13/11/2022).

Melalui lima krida yang dimiliki Saka Wira Kartika yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Mountaineering, Krida Survival, Krida Penanggulangan Bencana, TNI Angkatan Darat, khususnya Korem 181/PVT secara nyata ikut serta berperan aktif membina pramuka penggalang dan penegak sebagai kader-kader bangsa yang memiliki keterampilan dan kesadaran bela negara.

Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Mahudin Latupono S.Sos., M.M, saat membuka pelaksanaan kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 181/PVT menyampaikan, Kita sadari sepenuhnya bahwa calon pemimpin masa depan berasal dari generasi muda saat ini. Boleh dikatakan, nasib bangsa dan negara di masa mendatang, sangat ditentukan oleh kualitas generasi mudanya. Pramuka hendaknya dapat memberikan kontribusi dalam membangun dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa kita yang kita inginkan bersama. 

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, Generasi pramuka adalah pilar masa depan bangsa dan negara yang harus mampu dalam pengamalan Tri Satya Dan Dasa Darma Pramuka sejalan dengan hal itu secara tidak langsung pramuka merupakan bagian dari upaya mewujudkan ketahanan nasional secara kokoh dan tangguh dengan mengamalkan Dasa Dharma Pramuka secara benar. 

“Dengan demikian seluruh wilayah nusantara berikut dengan segala isi dan kekayaannya, akan mampu didayagunakan untuk kepentingan nusa dan bangsa serta mampu untuk menangkal dari segala bentuk ancaman ganguan dan hambatan serta tantangan yang muncul dari dalam, maupun yang datang dari luar negeri” ungkapnya.

Kasi Ter Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Prasetyo Djoko T.S., M.Si.(Han)., saat menutup giat Pramuka Saka Wira Kartika mengungkapkan, diharapkan hasil yang telah diperoleh selama kegiatan ini hendaknya bisa dijadikan sebagai pengalaman sekaligus ilmu pengetahuan guna menambah wawasan tentang kepramukaan. Yang terpenting dari kegiatan ini adalah bertujuan untuk mengasah kemampuan dan mental adik-adik peserta pembinaan yang masih dalam usia dini sehingga ke depan dapat menghasilkan kader Pramuka yang handal yang nantinya dapat mengangkat dan melanjutkan Eksistensi Kepramukaan Tanah Papua Barat di tingkat Nasional.

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar