Breaking News

6/recent/ticker-posts

RAPAT PENGUATAN TIM PEMBINA DAN LEMBAGA FORUM KOTA SEHAT

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Tebing Tinggi — Pemerintah Kota Tebing Tinggi menggelar Rapat Penguatan  Tim Pembina dan Lembaga Forum Kota Sehat Kota Tebing Tinggi dengan menghadirkan Narasumber Dedy A Lubis S.K.M sebagai Fungsional Sanitarian Muda  dari Provinsi Sumatera Utara. di Gedung Hj. Sawiyah Nasution Jl. Dr.Sutomo, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Selasa (11/10/2022).

Dedy A Lubis S.K.M dalam penjelasannya kepada awak media tarunaglobalnews.com mengatakan "Kota Tebing Tinggi ini dalam sejarahnya sudah 5 kali dapat penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Program tingkat Nasional. Jadi untuk berikut yang temuan ini merupakan penguatan sebab tahun lalu  Kota Tebing Tinggi tidak dapat dengan alasan mereka belum ikut stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) 80 persen. Jadi Penghargaan dari Kementerian cuma sekedar Piagam mengikut sertakan Program Kabupaten/Kota sehat, belum dapat penghargaan Swasti Saba nya" ungkapnya.

"Jadi pertemuan ini menekankan kepada Pemerintah dan Puskesmas semua agar masyarakat yang KK nya saya sampaikan tadi, ada beberapa KK di Kecamatan  yang belum Stop BABS. Itu kita sampaikan ke Camat, Lurah dan Puskesmas supaya menindak lanjuti data - data yang saya sampaikan tadi. Setelah itu mereka wajib menyelesaikan dengan bantuan pemerintah setempat" ungkapnya. 

Setelah Stop BABS nanti 100 persen. Pemerintah Kota Tebing Tinggi akan mengikuti penilaian Tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada bulan Nopember. Justru penguatan pada saat ini ada pada Camatnya. Saya menekankan agar menyelesaikan Stop BABS. Tidak sulit kalau ada dukungan dari Pemerintah dan masyarakat." ungkapnya.

Setelah itu Kabupaten/ Kota ini jangan kita lupakan sebab sudah 5 kali Kota Tebing Tinggi dapat. hanya tahun 2021 tidak dapat. Kegiatan ini berkelanjutan setiap 2 tahun sekali ada penilaian. Tahun 2021 gagal karena tidak stop BABS itu ada 80 persen warganya. Kita berharap agar pemerintah supaya serius dalam menanggulangi BABS  supaya Tebing Tinggi ini sehat" pungkasnya

(Kongli Saragih S.Si)

Posting Komentar

0 Komentar