Breaking News

6/recent/ticker-posts

Danlantamal XIV Buka Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan HAM Tahun 2022

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat — Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong, Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr., Opsla., membuka kegiatan Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2022 bagi Prajurit Lantamal XIV, yang diselenggarakan oleh Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Diskum TNI AL) bekerjasama dengan International Comittee of the Red Cross (ICRC) bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal XIV, Jl. Bubara No. 01, Kota Sorong, Papua Barat. Rabu (19/10/2022). 

Danlantamal XIV membacakan amanat Kadiskum TNI AL Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung, S. H., M. H., yang Intinya “Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman prajurit tni al khususnya di lingkungan lantamal XIV Sorong tentang ketentuan hukum humaniter internasional yang berlaku dalam operasi militer, sehingga target dan sasaran dari kegiatan ini dapat tercapai dengan maksimal.”

Lanjutnya” Selain itu melalui kegiatan tersebut setiap prajurit TNI AL memiliki kemampuan dalam menerapkan hukum humaniter internasional dan HAM dalam setiap pelaksanaan operasi militer, serta memiliki keterampilan dalam menerapkan aturan pelibatan atau Rules Of Engagement (ROE). Melihat dari tugas yang diemban oleh TNI AL, dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis dewasa ini, tuntutan tugas yang begitu kompleks dan keterbatasan pengetahuan tentang hukum humaniter internasional dan HAM yang dimiliki oleh sebagian besar prajurit TNI AL, Kadiskumal memandang kegiatan tersebut sangatlah relevan apabila dikaitkan dengan pelaksanaan tugas di masa sekarang dan masa yang akan datang.”

Sebelumnya telah dilaksanakan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta, setelah pembukaan dilanjutkan paparan materi Diseminasi Hukum Humaniter Internasional dan HAM oleh Sekdiskumal Kolonel Laut (H) Dr. Imam Subekti, S. H., M. H., dan Brigjen TNI (Purn) Wahyu Wibowo Sebagai perwakilan dari International Comittee of the Red Cross (ICRC) atau dalam bahasa Indonesia disebut “Komite Internasional Palang Merah”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 19-20 Oktober 2022,"tutupnya".

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar