Breaking News

6/recent/ticker-posts

ULANG TAHUN PUJAKESUMA KE-42, DENGAN PAGELARAN WAYANG KULIT


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Simalungun — PD Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Simalungun di bawah pimpinan H. Girun, merayakan Ulang Tahun Pujakesuma ke 42, di Huta 1 Nagori Bandar Tinggi Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun, Minggu (14/08/2022).

Moment tersebut dilakukan dengan berbagai kegiatan, salah satunya Pagelaran Budaya Nusantara Wayang Kulit Lipshing di prakarsai oleh Alex Sarjo Winarko dengan Lakon "Bima Suci" pada Minggu pukul 20:00 WIB.

Lakon "Bima Suci" Berkisah tentang perjuangan yang sungguh-sungguh untuk menemukan Jati Diri, kepatuhan murid kepada guru, kemandirian bertindak, dan kegigihan serta keuletan daya juang.

Menurut filsafat Jawa, pengenalan jati diri akan membawa seseorang mengenal asal-usul diri sebagai ciptaan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Kisah perjalanan Bima mengalahkan para raksasa, juga mengalahkan naga untuk menemukan air perwito l sari, dan bertemu dengan Dewa Suci, sarat akan simbol-simbol tentang perjuangan manusia mengalahkan hawa nafsu yang dapat menghalanginya menuju kepada "Kesempurnaan"

Pagelaran tersebut untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya agar tetap turun-temurun untuk generasi agar mereka tetap mengenal dan mengetahui Budaya Jawa itu Sendiri.

Jangan lupa dan selamat menyaksikan serta mengambil arti yang terkandung didalamnya. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar