Breaking News

6/recent/ticker-posts

TNI Angkatan Laut Bantu KM Sentosa XIX Yang Kandas di Perairan Morotai


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Morotai Malut — Setelah Empat Hari kandas di Perairan Morotai, akhirnya KM Sentosa XIX dapat melanjutkan pelayaran ke Manado pada Jumat dinihari, setelah dilakukan pemindahan seluruh muatannya ke KM Sentosa XV yang dibantu Tim SAR Pangkalan TNI Angkatan Laut/Lanal Morotai,. Jum'at (22/07/2022).

Sebelumnya KM Sentosa XIX saat kandas pertama kali ditemukan pada hari Senin tanggal 18 juli 2022 yang lalu, oleh Kapal Markas Gugus Tempur Laut/ Guspurla Koarmada III yaitu KRI Teluk Wondama-527 yang sedang melaksanakan Operasi Manggala Yudha-22 Tahap IIII dan berlayar diperairan Morotai.

Adapun kronologisnya, pada saat itu kapal tersebut hanyut dan terbawa arus karena mesinnya mati, kemudian ABK berusaha menghentikan dengan menurunkan jangkar namun karena dorongan arus ombak yang cukup kuat mengakibatkan rantai jangkar kapal putus, sehingga kapal menepi dan akhirnya kandas, dan pada saat itulah KRI Teluk Wondama-527, melintas dan menerima signal radio dari kapal tersebut.

Kemudian KRI Teluk Wondama-527, berupaya memberikan pertolongan dengan mengirimkan tali untuk membantu menarik kapal tersebut serta menurunkan Tim Teknisi Mesin untuk memberikan perbaikan Mesin Pokok Kapal (MPK) namun mengalami kesulitan karena alur yang sempit dan dangkal sehingga kapal tersebut kandas di Pulau Rao Kabupaten Pulau Morotai tepatnya 50 meter di depan Pantai Desa Saminyamau.

Lebih lanjut KRI Teluk Wondama-527, menghubungi Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Amin Wibowo, S, T. yang selanjutnya memerintahkan Tim SAR Lanal Morotai untuk melaksanakan bantuan dan pertololongan (SAR) terhadap kapal yang kandas tersebut, dengan menggunakan RHIB KAL Wayabulla III-14-12, yang akhirnya pada hari keempat kapal tersebut bisa keluar dari lokasi kandasnya dengan ditarik KM. Sentosa IV yang dipandu oleh RHIB KAL Wayabulla III-14-12 Lanal Morotai.

(Tim/Red/Dispen Koarmada III)

Posting Komentar

0 Komentar