Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bupati RHS Meninjau Jalan Rusak Penghubung Mekar Sari Raya-Manik Maraja


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Panei — Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga SH MH meninjau kondisi jalan rusak penghubung Kecamatan Panei dengan Kecamatan Sidamanik persisnya di dusun Bahtangan Nagori Mekar Sari Raya-Nagori Manik Maraja kecamatan Sidamanik sepanjang kurang lebih Tiga kilometer, Jumat(17/6).

Pada kesempatan itu, Pangulu Mekar Sari Raya Juni Hartono mengaku bahwa jalan penghubung dua kecamatan sekaligus jalan usaha tani ini sangat vital dan dibutuhkan masyarakat dua Nagori ini.

Dikatakannya, "pada tahun 2007 masyarakat telah bergotong royong untuk melebarkan jalan yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Kemudian, tahun 2008 kita mendapat bantuan pengerasan jalan sepanjang 400 meter. Itulah terakhir kali ada pembangunan jalan ini dan hingga saat ini belum pernah tersentuh pembangunan sama sekali" tuturnya.

Bahkan pihaknya telah mengumpulkan dana untuk Marharoan Bolon yang sudah terkumpul mencapai 30 juta hanya untuk memperbaiki jalan ini.Menurut Juni, selain jalan alternatif menuju Kecamatan Sidamanik, ribuan warga sangat bergantung pada jalan ini dalam menjalankan usahanya dibidang pertanian.karena masyarakat dua Nagori masih dominan bertani.

"Oleh karena itu, dengan hadirnya Bupati Simalungun bersama Ketua DPRD, kami berharap jalan kabupaten penghubung dua kecamatan ini bisa segera dibangun" ungkap Juni.

Bupati Simalungun menuturkan bahwa infrastruktur di Kabupaten Simalungun sangat ruwet sekali. Perlu kita ketahui, sekitar 1840 kilometer jalan di Simalungun, dan sekitar 1032 kilometer jalan rusak.

Namun demikian, Radiapoh mengaku bahwa jalan ini memang jalan strategis dan sangat potensial, karena mendukung percepatan pendistribusian hasil pertanian masyarakat.

"Kami berjanji, tahun 2023 akan dianggarkan penanganan jalan ini dengan mencor jalan sepanjang 3 kilometer. Karena kalau hotmix dikhawatirkan jalan ini akan cepat rusak. Namun dengan syarat masyarakat yang memiliki lahan di sepanjang jalan harus rela menghibahkan lahannya untuk pembangunan jalan ini", kata Radiapoh seraya mengaku Pangulu Mekar Sari Raya merupakan militan dan menilai bahwa Pangulu terbaik di Simalungun, tutupnya. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar