Breaking News

6/recent/ticker-posts

MENIKMATI SUASANA MALAM DI PENDOPO LAWAS

TARUNAGLOBALNEWS.COM

YOGYAKARTA — Suasana romantis di angkringan Pendopo Lawas di malam hari, Jogja emang kota yang gak pernah ada matinya. Apalagi di seputaran jantung kota atau lebih tepatnya dari kawasan Tugu pal putih ke selatan masuk Jalan Malioboro sampai titik nol km, hingga geser ke selatan lagi alun-alun utara Jogja. Dari pagi hingga pagi lagi atau dari malam ke malam lagi, hampir tak pernah sepi dari lalu-lalang orang dan kendaraan.

Di sekitar alun-alun utara yang menjadi bagian dari keraton Ngayogyakarto Hadiningrat. Geliat aktifitas malam di kawasan ini selalu 'menggairahkan' hingga banyak orang yang menyempatkan diri atau bahkan berkali-kali menikmati wisata malam di tempat ini. Untuk sekedar nongkrong atau juga sembari icip-icip kuliner yang di jajakan di pinggir-pinggir jalan.

Kebetulan malam ini (Minggu, 20/02/2022),saya sama kawan asal kota Wonosobo menyempatkan diri untuk jalan-jalan sekaligus kulineran di Angkringan Pendopo Lawas yang lokasi persisnya di sisi timur alun-alun utara Jogja, agak selatan dekat jalan 'buntu' menuju ke pemukiman warga.

Jarum jam belum menunjuk ke angka 09:00 wib malam, saat saya tiba di sana. Dari kejauhan saat roda motor melintas di Kauman atau sisi barat alun-alun utara, sudah keliatan kelap-kelip lampu bak lampion kuning berjajar di langit. Dari situ dah kebayang romantisnya tempat itu. Semakin mendekat, semakin terlihat cantiknya warung angkringan.

Indahnya lampu-lampu kuning yang berpadu dengan tatanan kursi dan bangku kayu bernuansa kuning natural, serta gelapnya malam dan ditambah pendopo yang menjadi tempat menjajakan sajian 'khas' angkringan Jogja, menjadi tampak begitu manis dan romantis untuk menghabiskan malam di sana.

Sesudah memarkir kendaraan di depan pendopo dan cekrak-cekrek bentar, aku masuk ke pendopo untuk memesan makanan. Kebetulan perut juga dah mulai laper (lagi). Jadilah pilih menu nasi ples lauk pauk dan segelas es teh,rela mengantri panjang di depan kasir karena banyaknya pengunjung.

Gak selang berapa lama, saya bersama kawan duduk di deretan sebelah timur dan langsung terpapar pemandangan malam, regol Keraton di sebelah selatan, dan wilayah Kauman jauh di sisi barat. 

#Hadiman Pangestu

Posting Komentar

0 Komentar