Breaking News

6/recent/ticker-posts

ASAL MUASAL DAWET AYU ASLI BANJARNEGARA GILAR - GILAR

TARUNAGLOBALNEWS.COM

BANJARNEGARA — Berasal dari lirik lagu berjudul Dawet Ayu Banjarnegara yang diciptakan seniman Banjarnegara bernama Bono, disebut-sebut sebagai asal sejarah nama dawet ayu. Lagu yang dipopulerkan oleh Grup Seni Calung dan Lawak Banyumas Peang-Penjol ini populer tahun 1980-an.

Dalam lirik lagu ini memang disebutkan beberapa kali kata 'dawet Banjarnegara'. Lagu ini berkisah tentang percakapan sederhana antara adik dan kakak soal rencana pergi piknik. Di sini tertulis, mau piknik kemana saja yang penting jangan lupa membeli dawet banjarnegara yang segar, dingin dan manis.

Berasal dari penjual dawet yang cantik, Versi lain asal usul nama es dawet ayu juga santer terdengar di kalangan masyarakat Banjarnegara. Kabarnya ada keluarga penjual es dawet yang sudah berjualan sejak abad ke-20.

Generasi ketiga penjual es dawet ini terkenal dengan parasnya yang cantik. Dari sini mulailah orang menyebutnya sebagai es dawet ayu yang artinya es dawet racikan wanita cantik.

Filosofi Semar dan Gareng

Bukan hanya namanya saja yang menarik, tapi juga kehadiran sosok Semar dan Gareng pada gerobak penjual es dawet ayu. Kabarnya sosok Semar dan Gareng ini sebagai perlambang pengharapan musim kemarau atau mareng.

Diketahui, dawet ayu Banjarnegara mendapat dua piala dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020.

Seperti diberitakann, Dawet Ayu Banjarnegara ditetapkan sebagai Minuman Tradisional Terpopuler, meraih Juara 1 pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori minuman tradisional terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2020 kategori minuman tradisional terpopuler, sekaligus menyabet sebagai minuman terfavorit pilihan masyarakat Indonesia.

“Tak tanggung-tanggung, Dawet Ayu Banjarnegara menyabet dua piala, yakni minuman tradisional terpopuler sekaligus minuman favorit pada ajang API award itu. Ini luar biasa, tadinya saya sudah duduk usai menerima piala pertama, ternyata Banjarnegara dipanggil kembali untuk piala favorit

Tak lupa Bupati mengucapkan rasa syukur dan bangga, serta terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Banjarnegara yang terus mendukung. Sehingga, minuman khas Banjarnegara itu bisa memenangi penghargaan bergengsi di tingkat nasional.

 Dawet ayu Banjarnegara menjadi minuman tradisional terpopuler pada penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2020.

Untuk anda yang tinggal di Yogyakarta bisa jumpai dawet ayu Putra gilar gilar grop asli Banjarnegara jawatengah di wilayah Yogyakarta.

Menyediakan es dawet ayu asli Banjarnegara. Alamat produksi dan jualan Jalan sukun daerah JEC.

Salah satu pedagang Rudiawan berjualan di depan rumah sakit bersalin SADEWO, Jl. Babarsari Blok TB 16 No.13B, Tambak Bayan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 tempat lainya di karenakan sebagian keliling.

Aneka Rasa Dawet Ayu "putra gilar gilar grop" :

- Original 

- Nangka

(HADIMAN PANGESTU)


Posting Komentar

0 Komentar