Breaking News

6/recent/ticker-posts

PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV UNIT PKS GUNUNG BAYU DAPAT SERTIFIKAT ISCC

TARUNAGLOBALNEWS.COM

SIMALUNGUN - International Sustainability Carbon Certification ( ISCC ) merupakan salah satu sistem sertifikasi terkemuka untuk keberlanjutan dan emisi gas rumah kaca. Pada bulan Juli tahun 2011, Komisi Eropa diakui ISCC sebagai salah satu skema sertifikasi pertama untuk menunjukkan kepatuhan terhadap persyaratan Renewable Energy Directive’s (RED) di Uni Eropa. 

Sertifikasi ISCC PTPN IV Unit PKS Gunung Bayu dan rantai supply nya dilakukan sejak tanggal 1-3 November 2021 bersifat independen yang dilakukan auditor dari lembaga sertifikasi PT Mutuagung Lestari yang diakui nasional dan dilaksanakan berdasarkan prosedur terdokumentasi dan daftar audit ISCC. 

Setelah melalui beberapa tahapan dalam sertifikasi , PTPN IV unit PKS Gunung Bayu diberikan pengakuan sertifikat ISCC. 

Sebagaimana diketahui ISCC merupakan sistem sertifikasi bertaraf internasional pertama yang diklaim dapat membuktikan sustainability dan traceability serta penghematan yang berasal dari efek gas rumah kaca untuk segala jenis produksi biomass (energi terbarukan generasi kedua).

Dapat digunakan untuk menyertifikasi berbagai bentuk biomass, seperti tanaman gandum , tebu , jagung , kedelai dan kelapa sawit untuk memenuhi persyaratan hukum di pangsa pasar bio energi serta untuk menunjukkan keberlanjutan dan keterlacakan bahan baku di industri makanan , pakan dan bahan kimia. 

Keberadaan sertifikasi ISCC yang berasal dari kebutuhan akan bio energi yang ramah lingkungan. Keberadaan bio energi, juga dibutuhkan untuk menekan efek GRK yang akan mengakibatkan pemanasan global. Karenanya keberadaan sertifikasi ISCC bisa diterapkan kepada semua jenis minyak nabati.

“Sertifikat ISCC menjadi sertifikasi yang mampu memperhitungkan keberadaan bio energi yang berasal dari bio massa yang banyak terdapat di dunia usaha perkebunan... Dengan menghasilkan bio energi, maka keberadaan Gas Rumah Kaca sebagai emisi buang, dapat ditekan dan diperhitungkan sebagai bagian dari kontribusi PTPN IV khususnya unit PKS Gunung Bayu terhadap pemanasan global yang selaras juga dengan konsep 3P (People Profit and Planet)”papar manajer PTPN IV unit PKS Gunung Bayu Rudy Simatupang kepada awak media. (Desi)














Posting Komentar

0 Komentar