Breaking News

6/recent/ticker-posts

Jaga Pertumbuhan Tanaman Herbal, KKN 039 Unimal Tanam Apotik Hidup

TARUNAGLOBALNEWS.COM

LHOKSEUMAWE — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM Universitas Malikussaleh Kelompok 039 yang diketuai oleh Ridhowan Damanik melakukan penanaman tanaman herbal seperti Jahe, Kunyit, Lengkuas, serai dan daun sirih di Desa Uteunkot, Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe pada hari Senin (01/11/2021). 

Kelompok yang beranggotakan Aqsha madina, Khania atika, Dila khairunnisa mahira zulmay, Najwa zakiyya, Tulus iman, Annisa Aulia Azzahro dan Reza ismullah ini mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya sebagai lahan apotek hidup.

“ Pada jaman sekarang dimana obat-obatan kimia sudah banyak dikonsumsi itu memiliki beberapa efek samping bagi organ tubuh salah satunya adalah dapat berdampak buruk bagi ginjal maka dari itu kami menggiatkan untuk melakukan penanaman tanaman herbal di pekarangan kantor desa sebagai salah satu percontohan bagi masyarakat agar bisa dimanfaatkan khasiat tanaman herbal sebagai obat tradisional bagi masyarakat.” Ungkap Ketua kelompok Ridhowan Damanik.

Adapun manfaat setiap tanaman herbal yang ditanam yaitu : Jahe kandungan yang terdapat pada jahe bermanfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Jahe juga mengandung senyama Beta-karoten dan Capsaicin yang bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh dikala pandemik covid-19 ini.

Serai atau sereh mengandung berbagai macam nutrisi baik Vit B, Magnesium, Kalium dan Zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan selai untuk herbal serai ini juga dapat digunakan untuk bahan- bahan masakan. 

Daun sirih kandungan daun sirih terdiri dari 85%-90% mengandung air selain itu juga sirih mengandung Iodin, Sodium, Asam nikotinat dan Vit B yang berguna bagi kesehatan mulut dan tubuh.

Kencur merupakan tanaman herbal yang memiliki aroma dan cita rasa unik. Tumbuhan ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, dan Malaysia. Tumbuhan yang masih tergolong sebagai kerabat dari Jahe (Zingiberaceae) ini telah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat tradisional Ragam manfaat yang ditawarkan kencur tentunya tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. 

Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi kencur yang membuatnya kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh: Protein, Serat, Mineral, termasuk, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, selenium, dan zinc Vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin K, dan folat.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu masyarakat Uteunkot meningkatkan Imunitas tubuh dikala pandemik Covid-19 dengan dibuat menjadi jamu atau minuman herbal yang dapat dibuat mandiri dirumah.  

 Dosen pembimbing KKN-PPM 039, dr. Cut Khairunnisa, M.Kes, mengatakan bahwa” kegiatan ini sangat positif sekali dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. 

Adanya kegiatan pembuatan apotek hidup ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang TOGA dan pemanfaatannya. Pemanfaatan TOGA ini dapat meningkatkan kualitas hidup sehat bagi masyarakat dan juga dapat dijadikan sebagai obat pilihan pertama sebelum berobat ke dokter. Apalagi masyarakat nantinya mampu melakukan pengolahan tanaman obat menjadi bentuk sediaan yang lebih ekonomis pasti akan lebih besar lagi manfaatnya” ungkapnya. (MS)

Posting Komentar

0 Komentar